5 Destinasi Wisata Sejarah yang Cocok Dikunjungi saat HUT RI

5 Destinasi Wisata Sejarah yang Cocok Dikunjungi saat HUT RI

WISATA: Destinasi wisata sejarah, Tugu Proklamasi. (Gmaps Erjan Sarwono Sirait/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Menjelang HUT RI, destinasi wisata sejarah merupakan destinasi yang ramai dan cocok untuk dikunjungi. Berkunjung ke destinasi wisata sejarah juga tanda kalau kamu cinta Tanah Air, karena kamu mau mengenang jasa-jasa para Pahlawan Indonesia yang telah berjuang untuk merebut Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Ada beberapa destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar liburan atau untuk menambah pengetahuan. Berikut ini beberapa destinasi wisata sejarah yang direkomendasikan untuk kamu, yaitu:

1. Tugu Proklamasi

Sumber: Gmaps/Heripal

Tugu Proklamasi merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi saat HUT RI. Tugu Proklamasi merupakan tugu peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berdiri di kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Taman tersebut berlokasi di bekas kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 atau yang sekarang bernama Jalan Proklamasi. Sedangkan, rumah yang menjadi lokasi pembacaan Proklamasi Kemerdekaan itu sudah dihancurkan sejak tahun 1960-an.

Di tempat inilah Ir. Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta membacakan Naskah Proklamasi sekaligus menjadi penanda Kemerdekaan Indonesia.

2. Gedung Joang 45

Sumber: Instagram Dunia Loka

Destinasi wisata sejarah yang cocok dikunjungi saat HUT RI adalah Gedung Joang 45. Gedung Joang 45 berada di Jalan Menteng Raya nomor 31, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dahulu, Gedung Joang 45 merupakan hotel yang dikelola oleh keluarga L.C. Schomper. Keluarga Schomper harus merelakan hotel mereka akibat penyerahan diri pemerintahan Hindia Belanda tanpa syarat kepada Jepang tahun 1942.

Akhirnya, pada detik-detik kemerdekaan 17 Agustus, gedung ini berhasil direbut oleh pemuda Indonesia lalu dijadikan tempat pendidikan dan pelatihan. Sekarang di Gedung Joang 45 itu masih menyimpan benda-benda bersejarah perjuangan pemuda Indonesia.

3. Lawang Sewu

Sumber: Instagram Mitha Arini

Lawang Sewu juga destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi saat HUT RI. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan era kolonial. Dahulu, Lawang Sewu merupakan kantor pusat perusahaan kereta api saat Belanda masih berkuasa di Indonesia.

Saat ini, Gedung Lawang Sewu dimanfaatkan sebagai museum yang menyajikan beragam lokasi dari masa ke masa perkeretaapian di Indonesia.

Koleksi yang dipamerkan antara lain: koleksi Alkmaar, mesin Edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, surat berharga, dan masih banyak lagi. Mendekati pintu keluar, terdapat perpustakaan berisikan buku-buku tentang kereta api.

Lawang sewu terletak di jantung Kota Semarang tepatnya di komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Kota Lama Semarang

Sumber: Instagram Baysaraka

Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah. Kota Lama Semarang memiliki unsur budaya dan sejarah yang sangat kental, di sini juga banyak bangunan kolonial bergaya vintage.

Zaman dulu, komplek Kota Lama sudah ada sejak tahun 1700-an dan menjadi salah satu pusat Pemerintahan Belanda. Awalnya, Kota Lama merupakan bagian sebuah benteng seluas 31 hektar yang bernama Benteng Vijhoek. Benteng ini lah yang mengelilingi komplek tempat tinggal Belanda sebagai bentuk pertahanan dan perlindungan.

Kota Lama Semarang berada di Kecamatan Semarang Utara tepatnya Tepi Sungai Mberok wilayah Tanjung Mas Kota Semarang. Apakah kamu berminat berkunjung ke sini saat HUT RI nanti?.

5. Monumen Jogja Kembali

Sumber: Instagram Ibenn25

Monumen Jogja Kembali ini juga cocok kamu kunjungi saat HUT RI. Wisata sejarah ini lebih dikenal dengan Monjali, merupakan museum untuk memperingati peristiwa kembalinya Kota Yogyakarta dari penjajah Belanda.

Monjali berisi 4 ruangan museum yang berisi barang-barang berkaitan dengan proklamasi, perang gerilya, hingga serangan umum tahun 1949.

Monumen Jogja Kembali ini berada di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata sejarah yang cocok kamu kunjungi saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dari kelima destinasi wisata tersebut, mana yang akan kamu kunjungi?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version