Urai Macet, Jalur Alternatif Tol Semarang-Demak Dibuka Gratis

DEMAK, Lingkarjateng.id – Jalur Tol Semarang-Demak mulai dibuka pada Minggu, 13 November 2022 sore. Pembukaan tol ini untuk mengurai macet di Jalur Pantura Demak lantaran saat ini masih berlangsung pengerjaan jembatan di Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat ngamuk saat sidak ke proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak dan pergantian Jembatan Wonookerto yang ternyata belum bisa difungsikan pada Selasa, 8 November 2022. Macet di Jalur Pantura Demak pun tak terelakkan akibat belum bisa difungsikannya kedua proyek tersebut.

Adapun pembukaan Tol Semarang-Demak hari ini merupakan jalur alternatif pengurai kemacetan di Jalur Pantura Demak.

“Pembukaan Tol Semarang-Demak ini sebagai jalur alternatif untuk mengurai kemacetan di  Wonokerto. Atas permintaan Pak Ganjar dan Menteri PUPR agar tolnya bisa difungsikan dulu,” ujar Humas PT Pembangunan Perumahan selaku pelaksana proyek infrastruktur 1 Tol Semarang Demak Seksi II, Robby Sumarna.

Ganjar Ngamuk Proyek Nasional Jembatan Wonokerto Demak Tak Kunjung Selesai

Sebagai alternatif untuk mengurai macet, Tol Semarang-Demak akan dibuka pada pagi dan sore di Exit Tol Kadilangu dan Exit Tol Sayung. Pasalnya, pintu tol di gerbang Tol Kadilangu dan Sayung saat ini masih dalam proses pengerjaan.

“Jadi ini sebagai alternatif saja selama proyek Wonokerto belum selesai. Tol Semarang-Demak dibuka sampai tanggal 2 Desember setelah jembatan Wonokerto dibuka,” terangnya.

Untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura Demak, Satlantas Polres Demak membagikan jadwal uji coba jalur alternatif Tol Semarang Demak yang berlaku hingga 2 Desember 2022.

Meski demikian, uji coba jalur alternatif ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi, microbus, ambulance, dan emergency saja.

INFORMASI: Jadwal jalur alternatif melalui Tol Semarang-Demak (Dok. Instagram Satlantas Polres Demak)

Berikut ini jadwal uji coba jalur alternatif Tol Semarang-Demak:

Tanggal 12 – 17 November 2022 akan di buka untuk pagi dan sore. Pagi mulai jam 06.00-10.00 WIB jalur tol dibuka dari arah Demak ke Semarang melalui Exit Tol Kadilangu. Kemudian di sore hari mulai jam 15.00-18.00 WIB dibuka dari arah Semarang ke Demak melalui Exit Tol Sayung.

Tanggal 18 November – 2 Desember 2022 akan dibuka dua arah dari pagi sampai sore. Yakni dari jam 06.00-18.00 WIB dibuka dua arah melalui Exit Tol Kadilangu sampai Exit Tol Sayung. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)