Rayakan Idul Fitri, Bupati Kudus Imbau Warga Tetap Jaga Prokes

Rayakan Idul Fitri, Bupati Kudus Imbau Warga Tetap Jaga Prokes

Bupati Kudus saat memberikan sambutan ketika Sholat Idul Fitri. (Dok. Pemkab Kudus/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Tahun ini pemerintah telah memberikan sejumlah kelonggaran aturan mudik dan pelaksanaan Sholat Id di tengah pandemi. Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tidak lengah dengan tetap mentaati protokol kesehatan (Prokes) dan melaksanakan vaksinasi.

Pesan tersebut disampaikan oleh Bupati Kudus, Hartopo usai melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kudus, Senin (2/5).

Ia menegaskan, kelonggaran-kelonggaran yang sudah diberikan perlu disyukuri dan disikapi dengan bijak. Cukup dengan mematuhi imbauan prokes demi terjaganya kesehatan diri sendiri dan keluarga. 

Bupati Kudus Sambut Kedatangan Rombongan Mudik Gratis

“Harus kita syukuri, kondisi ini semakin membaik. Masjid kembali menjadi semarak dan beraktifitas seperti dulu. Tetapi selama pandemi belum usai, tetap jaga diri dan keluarga dengan taat protokol kesehatan,” tuturnya. 

Dengan kasus Covid-19 yang sudah jauh melandai, Bupati Kudus tetap mengimbau supaya masyarakat mengikuti vaksinasi.

Upaya tersebut sebagai ikhtiar menjaga kesehatan agar Kudus tetap aman dan kondusif.

Bupati Kudus Minta Perusahaan Bayar THR Tanpa Dicicil

“Yang belum vaksin bisa melengkapi diri dengan vaksin, segera melakukan vaksinasi dilanjutkan vaksin kedua dan ketiga atau boster. Semoga tetap kondusif, aman dan sehat untuk berkumpul kembali bersama keluarga,” imbuhnya. 

Bagi masyarakat yang akan mudik ke luar kota, Bupati Hartopo berpesan untuk mematuhi aturan berlalu lintas. Kondisi lalu lintas ketika lebaran yang biasanya cenderung lebih padat, masyarakat diminta untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara. 

“Bagi yang akan melakukan perjalanan ke luar kota tetap hati-hati dan taat aturan. Salam saya kepada panjenengan dan keluarga semua,” katanya. 

Tidak lupa, Bupati Hartopo mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat Kudus. Dalam momentum mempererat tali silaturahmi, ia memohon maaf apabila terdapat kekhilafan sebagai pemimpin maupun pribadi. 

Bupati Kudus Ajak Perbanyak Ibadah dan Tuntaskan Vaksinasi di Bulan Ramadhan

“Mari mempererat tali silaturahmi semoga Allah SWT senantiasa memberi kita semua petunjuk dan kesempatan bertemu Ramadhan di tahun depan, aamiin,” tuturnya. 

Sementara itu, Dr. H. Abdurrohman Kasdi (Direktur Pascasarjana IAIN Kudus) sebagai imam dan khatib mengajak jamaah menyambut satu syawal dengan perasaan gembira.

Setelah 29 hari melakukan suatu perjuangan yang berat, lebih berat dari perjuangan mengangkat senjata dan memerangi musuh yang nyata. Itulah perjuangan memerangi hawa nafsu, menghadapi musuh yang tidak tampak di mata dzahir, tapi justru berada pada diri kita. 

Libur Lebaran, Pemkab Kudus Imbau Objek Wisata Antisipasi Covid-19

“Setelah sebulan penuh berpuasa, melatih diri, membina taqwa, dan mengharap Ridho Allah SWT, kita kibarkan panji dan bendera kemenangan,” tuturnya.

Sebagai orang beriman, umat Islam harus tetap optimis meskipun masih merayakan kemenangan di tengah pandemi.

Jamaah diajak untuk berikhtiar dengan mematuhi imbauan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan dalam Sholat id dan ketika bersilaturahmi bersama keluarga. 

“Kita yakin di balik musibah ini ada beberapa pelajaran dan hikmah positif yang dapat kita gali sebagai ibroh bagi kita semua,” tuturnya dalam khotbah di Masjid Agung Kudus. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version