Pj Bupati Jepara Minta FKS Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

KHIDMAT: Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, melantik pengurus Forum Kabupaten Sehat (FKS) Jepara periode 2022-2025 di Pendopo R.A Kartini pada Senin, 5 Desember 2022. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

KHIDMAT: Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, melantik pengurus Forum Kabupaten Sehat (FKS) Jepara periode 2022-2025 di Pendopo R.A Kartini pada Senin, 5 Desember 2022. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.idPenjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, melantik pengurus Forum Kabupaten Sehat (FKS) periode 2022 – 2025 di Pendopo R.A Kartini pada Senin, 5 Desember 2022.

Pelantikan dihadiri oleh Ketua TP PKK Jepara, Eka Edy Supriyanta, Sekda Edy Sujatmiko, Forkopimda, pengurus Forum Kabupaten Jepara, pimpinan perangkat daerah, dan para petinggi di Kabupaten Jepara.

Dilantik sebagai Ketua Umum FKS periode 2022-2025 adalah Dwi Susilowati yang didampingi Ismuyanto. Sedangkan sebagai sekretaris adalah Kusnadi dan Retno Kusbandiyah. Sementara, bendahara yaitu Melinda dan Yustitia dengan jajaran anggota dari berbagai organisasi yaitu IDI, IBI, akademisi, aktivis muda, dan tokoh agama.

Pj Bupati Edy berharap pengurus FKS yang baru bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Jepara.

“Forum ini berisi orang dengan latar belakang berbeda. Namun memiliki kesamaan visi misi dan tujuan yang sama, yaitu peduli dengan derajat kesehatan di Jepara,” ujarnya.

Kepada pengurus FKS, Edy mengingatkan untuk mewujudkan Jepara sehat dan meraih Swasti Saba Wistara dari Kemenkes 2023 mendatang. Selain itu, pengurus baru juga diminta untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kota Ukir.

“Angka kematian ibu dan anak di Jepara mencapai 103 kasus (2021). Kemudian turun menjadi 72 kasus (2022). Harapannya kembali turun di tahun 2023 mendatang,” ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa tatanan yang perlu diperhatikan di bidang kesehatan. Untuk itu perlu dibuat roadmap untuk menjaga konsistensi Jepara agar tetap bersih, aman dan meraih Swasti Saba Wistara di tahun mendatang.

“Sejak dilantik 2022 lalu. Saya mengajak masyarakat menjaga kebersihan. Ternyata ini adalah endingnya. Saya yakin FKS Jepara mampu meraih Swasti Saba Wistara,” tuturnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)