Peringati Hari Jadi, Pemkab Kudus Tanam 473 Pohon Tabebuya

MENANAM: Bupati Kudus, HM Hartopo saat menanam pohon tabebuya di Jalan Boulevard, Jati Wetan, Kudus dalam rangka memperingati hari jadi ke-473 Kabupaten Kudus pada Sabtu, 24 September 2022. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

MENANAM: Bupati Kudus, HM Hartopo saat menanam pohon tabebuya di Jalan Boulevard, Jati Wetan, Kudus dalam rangka memperingati hari jadi ke-473 Kabupaten Kudus pada Sabtu, 24 September 2022. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.idBupati Kudus, Hartopo bersama Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni menanam 473 bibit pohon tabebuya di sepanjang Jalan Boulevard, Jati Wetan, Kudus pada Sabtu, 24 September 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi ke-473 Kudus.

Penanaman tabebuya mendapat dukungan penuh dari PT Nojorono Tobacco International melalui CSR yang telah menjalin sinergi kuat dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Dukungan itu menjadi energi positif untuk keberlangsungan penataan dan pengelolaan lingkungan Kabupaten Kudus.

“Terima kasih kepada PT Nojorono atas dukungan dan kepeduliannya merawat lingkungan Kabupaten Kudus,” ucap Hartopo.

Menurutnya, selain sebagai estetika barisan pohon tabebuya itu diharapkan bisa mencegah bencana seperti banjir. Pasalnya, akar pohon yang menancap akan menyimpan air sehingga tak menggenangi kawasan Jati Wetan.

“Pohon tabebuya ini nantinya bisa menyimpan cadangan air sehingga mencegah bencana alam seperti banjir,” ungkapnya.

Pohon tabebuya, lanjut Hartopo, akan berkembang setelah lebih dari dua tahun masa penanaman. Nantinya, kawasan Jalan Boulevard akan dipenuhi dengan warna-warni bunga tabebuya dan kualitas udara menjadi lebih baik.

“Kalau berkembang, tentunya kawasan sini akan lebih indah dan sejuk,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus, Abdul Halil menyampaikan bahwa dinas dan PT Nojorono Tobacco International akan berkolaborasi untuk merawat pohon tabebuya. Dirinya berkomitmen untuk mengupayakan agar Kabupaten Kudus makin rindang, sejuk, dan hijau.

“Ini merupakan komitmen kami bersama PT Nojorono menjaga bibit sampai nantinya berkembang sehingga kawasan Jalan Boulevard menjadi lebih hijau dan sejuk,” jelasnya.

Sejumlah pejabat juga turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tabebuya ini. Di antaranya Presdir PT Nojorono, Stefanus JJ Batihalim, Manager CSR PT Nojorono, T Sugiyanto, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Beberapa anggota pramuka juga ikut berkontribusi menanam pohon. Salah satunya Dewan Saka Kalpataru Kwarcab Kudus, Muhammad Abdur Rohman yang mendukung adanya kegiatan ini. Dirinya berkomitmen ikut merawat pohon tabebuya agar Kudus menjadi lebih asri dan sejuk.

“Mendukung sekali karena dapat ikut meminimalisir pemanasan global dan menjadikan Kudus lebih asri,” tandasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus S – Koran Lingkar)

Exit mobile version