Penuhi Hak Penyandang Disabilitas, Dinkes Pati Gencarkan Vaksinasi Covid-19

DISUNTIK: Masyarakat Pati dari kalangan penyandang disabilitas melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pati I, pada Rabu, 24 Mei 2023. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

DISUNTIK: Masyarakat Pati dari kalangan penyandang disabilitas melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pati I, pada Rabu, 24 Mei 2023. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati melalui Puskesmas Pati I melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 12 orang penyandang disabilitas (difabel) pada Rabu, 24 Mei 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka untuk mencegah potensi pandemi Covid-19 muncul kembali.

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 Dinkes Pati, Rr. Tri Murtiningsih, S.KM, MM., menegaskan bahwa pelayanan vaksinasi Covid-19 masih menjadi hak masyarakat, utamanya bagi penyandang disabilitas yang harus dipenuhi.

“Selama ini teman-teman disabilitas yang dahulu pada vaksin pertama dan kedua mendapatkan vaksin Sinopharm, walaupun selama ini vaksin jenis Sinopharm sempat menghilang dari peredaran. Padahal untuk booster satu dan dua masih menggunakan jenis vaksin yang sama, Sinopharm. Sehingga hak-hak mereka atas vaksin Sinopharm harus terpenuhi,” terangnya.

Demi memaksimalkan pelayanan tersebut, Tri menyatakan bahwa Dinkes Pati telah bekerja sama dengan  The Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) melalui Save the Children (STC) dan Migrant Care (MC). Tak hanya itu, ia juga menyatakan terus memaksimalkan peran petugas puskesmas sebagai tenaga penyutik.

“Maka kita tenaga kesehatan dan masyarakat turut berterima kasih atas adanya Migran Care. Karena selama ini sudah bekerja sama selama 10 bulan dalam menyukseskan vaksinasi yang ada di Kabupaten Pati,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Imunisasi (Korim) Puskesmas Pati II Endah Kartika Sari, A.Md, Keb menyatakan bahwa Covid-19 merupakan virus yang dapat menular dengan cepat dalam komunitas. Oleh karena itu, pencegahan dengan vaksinasi Covid-19 masih sangat diperlukan.

“Masyarakat selama ini menyambut baik atas kegiatan vaksinasi yang terus digencarkan. Sebagai penerima manfaat, masyarakat yang menginginkan di vaksin telah betul sadar kesehatan dan sadar tanggung jawab sosial,” kata Endah.

Sebagai informasi, giat vaksinasi Covid-19 telah digencarkan mulai tanggal 20 Mei 2023 dengan sasaran disabilitas tuna rungu yang bertempat di Setda Kabupaten Pati. Lalu, pada tanggal 21 Mei 2023 vaksinasi Covid-19 membidik disabilitas tuna netra yang dipusatkan di Tlogowungu. Kemudian, kegiatan vaksinasi Covid-19 berlanjut pada tanggal 17-24 Mei 2023 dengan sasaran disabilitas, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), dan lansia serta door to door di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Pati. (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Koran Lingkar)

Exit mobile version