Pekan Raya Kendal, Bupati Kendal Dico Ganinduto: Job Fair Bakal Masuk Via Online

SIMBOLIS: Bupati Kendal, H Dico Ganinduto saat membuka Job Fair dalam Pekan Raya Kendal 2022. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

SIMBOLIS: Bupati Kendal, H Dico Ganinduto saat membuka Job Fair dalam Pekan Raya Kendal 2022. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Dalam rangka mengatasi penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal menggelar Job Fair yang berlangsung selama dua hari pada Senin, 25 Juli 2022 hingga Selasa, 26 Juli 2022 di halaman Stadion Utama Kebondalem, Kendal.

Pada event Pekan Raya Kendal (PRK), sebanyak 31 perusahaan yang mengikuti Job Fair meliputi 26 perusahaan Kawasan Industri Kendal dan 5 perusahaan dari luar daerah atau Semarang.

Tak hanya Job Fair, inovasi lain juga dilakukan untuk mempermudah pencari kerja mencari pekerjaan, yakni melalui kanal online karier.kendalkab.go.id yang menampilkan kebutuhan tenaga kerja dari berbagai perusahaan.

Kepala Disperinaker Cicik Sulastri mengatakan, terdapat 3.783 lowongan pekerjaan yang tersedia pada Job Fair dengan 178 jabatan atau formasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Untuk saat ini dari 31 perusahaan ada 3.783 lowongan yang terbuka dengan 178 formasi yang bisa diisi oleh para pencari kerja, tentunya ini menjadi peluang besar bagi masyarakat Kendal,” ujar Cicik Sulastri.

Sementara kanal online karier.kendalkab.go.id yang dipergunakan oleh pemerintah pada kegiatan Job Fair, kata dia, pencari kerja dapat melakukan pendaftaran secara online termasuk memasukkan berkas.

“Kanal yang telah kita sediakan, para pencari kerja bisa mendaftar online. Kemudian pada job fair ini ada perusahaan yang tidak mewajibkan harus membawa kembali berkas, hal ini lantaran dari kanal online kita sudah ada fitur upload berkas,” jelasnya.

Bupati Kendal, H Dico Ganinduto yang turut meresmikan dibukanya Job Fair selama dua hari mengucapkan, apresiasi besar kepada Disperinaker yang telah bekerja keras dalam upaya menurunkan angka pengangguran.

Job Fair kali ini tentunya sangat istimewa karena masuk dalam rangkaian kegiatan PRK. Ke depan, secara bertahap, Job Fair yang telah kita kembangkan mulai masuk pada dunia digital atau via online. Adanya kanal Kendal karir dapat diakses oleh semua masyarakat sehingga informasi peluang kerja bisa segera diketahui,” ujar Bupati Dico.

Disperinaker akan mengadakan Job Fair mini setiap bulan dengan harapan angka pengangguran terbuka yang terbilang tinggi mampu segera turun. Untuk pendaftaran Job Fair pada tanggal 25 Juli data dari Disperinaker terdapat kurang lebih 6.500 pelamar yang masuk. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version