Optimalkan Pelayanan Publik, Pemkab Kudus Tingkatkan Kualitas Birokrasi

PRESTASI: Bupati Kudus, HM Hartopo saat memberikan penghargaan kepada Dinas Dukcapil Kudus sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2021 dalam Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan di Hotel @Hom pada Selasa, 15 November 2022. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

PRESTASI: Bupati Kudus, HM Hartopo saat memberikan penghargaan kepada Dinas Dukcapil Kudus sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2021 dalam Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan di Hotel @Hom pada Selasa, 15 November 2022. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat. Optimalisasi pelayanan publik ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas birokrasi di lingkungan Pemkab Kudus.

Oleh karena itu, untuk terus meningkatkan kualitas birokrasi, Pemkab Kudus mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan di Hotel @Hom pada Selasa, 15 November 2022. Sasaran kegiatan ini sendiri diperuntukan bagi petugas layanan dan petugas pengelola pengaduan perangkat daerah atau unit kerja di lingkungan Pemkab Kudus.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kudus, HM Hartopo turut hadir untuk membuka acara. Selain itu, jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kudus juga ikut menghadiri acara tersebut.

Bupati Hartopo menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Ia mengatakan, Pemkab Kudus terus berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang semakin handal. Hal ini, kata dia, sebagai bentuk komitmen Pemkab Kudus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Peningkatan pelayanan publik adalah tantangan kita bersama sebagai abdi negara, juga masyarakat. Maka dari itu, mari bersama wujudkan pemerintahan yang berkualitas dalam menyelenggarakan pelayanan publik,” kata Bupati.

Hartopo menegaskan bahwa kegiatan bimtek semacam ini jangan hanya dianggap sebagai kegiatan seremonial semata. Dirinya meminta seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kudus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Acara seperti ini sudah berulang kali dan sering kita lakukan, tapi dalam peningkatan pelayanan kita masih stagnan. Harapan saya, kegiatan ini jangan dianggap seremonial saja. Karena bekerja harus dengan hati yang ikhlas dan secara riil, khususnya dalam melayani publik,” tegasnya.

Pihaknya juga menekankan sinergitas antar OPD di Pemkab Kudus harus terjalin dengan harmonis. Dirinya meminta semua OPD harus saling terintegrasi di dalam penyelenggaraan pelayanan sebagai wujud komitmen mengabdi kepada negara.

“Antar dinas harus saling terintegrasi dengan baik dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Semua demi wujud komitmen kita sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat,” pintanya.

Sebagai abdi negara, Hartopo meminta orientasi harus selalu fokus pada pelayanan masyarakat. Dengan demikian, untuk menghasilkan pelayanan publik yang prima, harus didukung birokrasi yang baik dan bersih serta sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Orientasi kita harus fokus pada pelayanan publik saja, jangan berorientasi yang macam-macam. Saya minta dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus didukung dengan birokrasi yang baik, bersih, sederhana, fleksibel, serta menerapkan tata kelola yang cepat dan SDM yang berkualitas,” ungkapnya.

Usai membuka kegiatan Bimtek, Bupati Hartopo menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia. Piagam penghargaan tersebut diserahkan Bupati kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kudus sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Sangat Baik tahun 2021.

Pihaknya berharap prestasi ini bisa terus diraih dan ditingkatkan. Supaya, lanjutnya, pelayanan kepada masyarakat bisa terus optimal.

“Selamat kepada OPD yang menerima penghargaan, tetap harus terus ditingkatkan. Untuk OPD yang lain, juga bisa terus ditingkatkan kinerjanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, pihaknya bersyukur atas penghargaan yang telah diterima. Pihaknya berharap, dengan adanya penghargaan ini bisa semakin meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini kami bisa lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat Kudus,” harapnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version