Menuju Rembang Smart City, Dinkominfo Pasang CCTV Terintegrasi Aplikasi

Menuju Rembang Smart City, Dinkominfo Pasang CCTV Terintegrasi Aplikasi

LOKASI: Perempatan zaini yang menjadi salah satu titik pemasangan kamera CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi Rembang Smart City. (R. Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Rembang memasang kamera CCTV di kawasan Kota Rembang belum lama ini.

Kepala Dinkominfo Rembang, Prapto Raharjo menyampaikan, pemasangan kamera CCTV di kawasan tersebut sebagai salah satu komponen untuk menuju peluncuran Rembang Smart City. Sebab, salah satu layanan yang ada pada Smart Rembang City adalah aktivitas lalu lintas di titik tertentu yang bisa diakses oleh masyarakat.

Dirinya menyebutkan, saat ini sudah ada empat kawasan publik yang terpasang kamera pengawas. Selain di Perempatan eks-Stasiun Rembang, kamera CCTV juga terpasang di depan Kantor DPRD Rembang, Perempatan Zaini, dan kawasan depan Pasar Rembang.

Wujudkan Smart City, Wabup Rembang Tegaskan Jadi Tanggungjawab Bersama

Menurut Prapto, setelah uji coba sukses, masyarakat bisa memantau situasi lalu lintas di empat titik tersebut melalui smartphone dengan cara men-download aplikasi Rembang Smart City di Playstore.

“Ini baru uji coba. Setelah selesai uji coba, nanti masyarakat bisa download aplikasi di Playstore. Mereka bisa mengakses laporan lalu lintas 24 jam dari smartphone masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut Prapto menjelaskan, kamera CCTV yang terpasang berbeda dengan kamera CCTV milik Satlantas Polres Rembang. Sehingga, kamera CCTV tersebut tidak menindak pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor.

“Pemasangan kamera CCTV ini tidak ada kaitannya dengan tilang elektronik. Ini murni sebagai uji coba menuju Rembang Smart City,” ucapnya.

Pada aplikasi Rembang Smart City, tambahnya, selain pantauan lalu lintas, masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai layanan publik. Layanan yang tersedia di dalamnya antara lain adalah informasi pembayaran pajak dan pendaftaran layanan kesehatan.

“Aplikasi masih kami siapkan, dan nanti semua ada di dalamnya. Rencananya, akan launching pada momen HUT Rembang tanggal 27 Juli mendatang,” pungkasnya. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)