Menteri Basuki Targetkan Jembatan Juwana Pati Rampung Sebelum April

MONITORING: Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono saat meninjau progres pembangunan Jembatan Juwana, Kabupaten Pati pada Kamis, 12 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

MONITORING: Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono saat meninjau progres pembangunan Jembatan Juwana, Kabupaten Pati pada Kamis, 12 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, meninjau progres pembangunan jembatan Juwana pada Kamis, 12 Januari 2023.

Didampingi seluruh pejabat tinggi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Sadewo, Menteri Basuki meminta pembangunan jembatan Juwana dipercepat.

Dari target awal 15 April 2023, Menteri Basuki minta percepatan pembagunan untuk memperlancar arus mudik lebaran pada akhir bulan April mendatang.

“Rencananya akan diselesaikan pada 15 April sebelum lebaran. Saya minta BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan PT Bukaka selaku penyedia jasa, untuk membuat schedule percepatan dan minggu depan dilaporkan ke saya. Nanti saya evaluasi, saya harap bisa dipercepat,” tegasnya.

Penambahan tenaga kerja maupun material dan alat berat juga diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan. Jalan rusak yang ada di sepanjang Pantura Juwana juga akan segera diperbaiki karena sudah terjadwal.

Progres Jembatan Juwana Pati Tak Bisa Dipercepat, Ini Alternatifnya

Menurut Menteri Basuki, pembangunan jembatan Juwana menjadi salah satu dari 37 jembatan yang dibangun di Pulau Jawa. Serta salah satu dari tiga di Provinsi Jawa Tengah termasuk di Semarang dan Demak.

Sementara itu, anggota DPR RI dari Dapil V, Sudewo, menambahkan bahwa Kementerian PUPR akan memberikan bantuan kepada Pemkab Pati berupa alat berat guna menormalisasi Sungai Juwana. Pasalnya kondisi sungai ini sudah dangkal dan menjadi salah satu penyebab banjir di Pati.

“Pak Menteri PUPR di tahun 2023 ini akan menambah alat berat eskavator dalam jumlah yang memadai. Membantu Pemda Pati untuk normalisasi sungai di Pati,” ujarnya.

Selain memantau progres pembangunan Jembatan Juwana, Menteri Basuki bersama rombongan juga meninjau pelabuhan Juwana yang kondisinya penuh dengan kapal dan disinyalir menghambat  arus sungai menuju laut. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version