Ketua DPRD Pati Bakal Tindak Tegas Anggota Dewan yang Tak Hadiri Rapat

Ketua-DPRD-Pati-Bakal-Tindak-Tegas-Anggota-Dewan-yang-Tak-Hadiri-Rapat

MEMIMPIN: Ketua DPRD Pati Ali Badrudin (kiri) didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Pati Joni Kurnianto (kanan) saat memimpin rapat paripurna. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin menyesalkan jumlah anggota dewan yang hanya sedikit saat menghadiri rapat paripurna. Rapat paripurna tersebut membahas jawaban Bupati Pati terhadap pandangan fraksi Raperda Rencana Pembangunan Industri (RPI), Rabu (25/5).

Menurut catatan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pati, jumlah anggota dewan yang hadir pada rapat tersebut berjumlah 26 anggota, dari total keseluruhan 50 anggota DPRD Pati. Meskipun kuorum telah terpenuhi, Ali tetap menyesalkan hal tersebut. Hal ini karena sebagian besar anggota dewan hanya absen tanpa menghadiri rapat dengan berbagai alasan.

Dirinya tidak menyangkal, kemungkinan adanya anggota dewan yang telah berkali-kali mangkir dari rapat paripurna. Sebagai Ketua DPRD Pati, sudah menjadi kewajiban bagi dirinya untuk mengingatkan para anggotanya.

Ketua DPRD Pati Bakal Luruskan Masalah KPI Trangkil

“Jadi saya ingatkan kembali, bahkan saya pernah menghitung ada salah satu anggota DPRD Pati yang tidak menghadiri rapat paripurna lebih dari tujuh kali. Padahal sesuai dengan targetnya itu 25, itu nanti tugas dari Ketua Badan Kehormatan (BK) untuk memanggil anggota yang tidak hadir dalam rapat paripurna sebanyak tujuh kali berturut-turut,” kata Ali.

Ali menambahkan, hal ini merupakan tugasnya sebagai Ketua DPRD Pati untuk selalu mengingatkan para anggotanya agar mengikuti rapat paripurna. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka bisa menjadi contoh yang buruk.

“Dalam rangka tugas dan kewajiban kita, saya khawatir masyarakat mengetahui tugas kita yang tidak dijalankan. DPRD itu tugasnya paling banyak kan rapat, itu saja pada malas-malasan. Ini pekerjaan rumahnya DPRD, dibentuk kemudian ada laporannya, jangan dibiarkan,” tegasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto- Lingkarjateng.id)

Exit mobile version