Kemenag Pati Siap Gelar Lomba MTQ Tingkat Kabupaten

POTRET: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

POTRET: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idKementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati akan menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten. Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Moh Alimin mengungkapkan bahwa lomba MTQ tingkat kabupaten ini dilaksanakan setiap tahun.

Setelah MTQ tingkat provinsi yang sudah diadakan beberapa waktu lalu, lanjut Alimin, Kabupaten Pati siap menggelar lomba MTQ tingkat kabupaten dengan tiga kategori yakni, kategori umum, pelajar dan STQ (Seleksi Tilawatil Quran).

Ia menambahkan, karena dalam beberapa tahun terakhir terkendala pandemi Covid-19, MTQ tingkat kabupaten ini akan diselenggarakan secara tertutup.

“Memang satu event, satu tahun sekali. Di tingkat kabupaten itu, kita melaksanakan satu kali. Harusnya ‘kan tingkat kabupaten sinkron dengan tingkat provinsi. Untuk MTQ tingkat provinsi ‘kan selama dua tahun tidak ada karena pandemi, sementara kita walaupun pandemi tetap melaksanakan yang tingkat kabupaten,” terang Alimin.

Pihaknya berencana mengadakan lomba MTQ untuk masyarakat umum pada bulan September mendatang yang bakal digelar di halaman Kantor Kemenag Pati.

Terkait besaran hadiah dan penghargaan, Alimin mengaku telah disiapkan oleh Kemenag yang mana sudah disesuaikan dengan jumlah anggaran Kemenag Pati.

InsyaAllah di bulan September untuk pelaksanaannya dan dilaksanakan di Kantor Kemenag Pati. Kita usahakan hari Sabtu, ‘kan itu hari libur biar agak tenang. Hanya terbatas dan tidak digelar secara besar. Setiap kejuaraan pastinya ada penghargaan. Soal nominanya berapa, saya kurang mengetahui dan di tingkat kabupaten tergantung kesediaan anggaran,” tandasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version