Kembangkan Potensi UMKM, HIPMI Jepara Ikut Meriahkan Porprov Jateng 2023

MENINJAU: Ketua Pelaksana Bazar Porprov 2023, Zaenal Afrodi (berjaket hijau) yang juga selaku Ketua HIPMI Kabupaten Jepara saat mendampingi Sekda Jepara Edy Supriyanta (kedua dari kanan) saat meninjau stan UMKM HIPMI. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

MENINJAU: Ketua Pelaksana Bazar Porprov 2023, Zaenal Afrodi (berjaket hijau) yang juga selaku Ketua HIPMI Kabupaten Jepara saat mendampingi Sekda Jepara Edy Supriyanta (kedua dari kanan) saat meninjau stan UMKM HIPMI. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah ke-XVI tahun 2023 di Jepara turut dimeriahkan oleh 80 stan UMKM Jepara dan luar daerah, salah satunya stan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jepara.

Ketua Pelaksana Bazar Porprov 2023, Zaenal Afrodi, mengatakan bahwa selain potensi UMKM lokal Jepara mengisi bazar, panggung kesenian juga memeriahkan helatan kompetisi olahraga ini dengan pertunjukan seni modern dan tradisional Jepara setiap malam.

“Dari 80 stan yang ada ini kita targetkan mendapatkan omzet Rp 1 miliar selama 6 hari pelaksanaan Porprov 2023. Kita optimis bisa tercapai melihat sampai hari ketiga ini sudah tercapai sekitar Rp 500 juta,” ujar Zaenal yang juga Ketua HIPMI Jepara.

Zaenal berharap perhelatan Porprov Jateng 2023 ini juga bisa mengembangkan potensi daerah, terutama UMKM dan pariwisata di Jepara sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Tengah.

Sementara itu, Sekertaris Penyelenggara Porprov Jateng Lukman Hakim menyampaikan bahwa sampai hari ketiga penyelenggaraan Porprov berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun, masyarakat Jepara juga sangat antusias sekali.

Menurut Lukman, pelaksanaan Porprov Jateng 2023 ini, memang sebagaimana arahan gubernur bahwa gelaran olahraga ini tidak hanya sekedar dinikmati oleh pelaku olahraga, tetapi harus ada dampak ekonominya kepada masyarakat. Maka kemudian melalui arahan tersebut diseluruh Pati Raya khususnya di Jepara melaksanakan bazar UMKM dan pentas seni.

“Jadi selain menghibur masyarakat, para atlet, dan official yang bertanding tetapi ini juga menjadi ajang media promosi bagi Jepara untuk menyuguhkan berbagai potensi yang ada baik kuliner, kerajinan, dan lain sebagainya melalui bazar. Dalam pelaksanaan bazar ini alhamdulillah kita didukung berbagai sponsor yang utama Djarum Foundation, memang semua 80 stand ini termasuk rangkaian acara pentas seni didukung penuh oleh Djarum Foundation,” bebernya.

Dirinya menilai bazar UMKM betul-betul berdampak ekonomi karena konfirmasi dari berbagai pelaku UMKM dan peserta bazar sejak malam pertama rata-rata pendapatannya mencapai Rp 4 – 5 juta.

“Sehingga ini juga sesuai dengan prediksi kami, kalau ini kemudian berlanjut sampai penutupan mungkin bisa tembus Rp 1 miliar secara keseluruhan. Sehingga ini membuat kami cukup bangga Jepara ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Porprov 2023. Hal ini juga menjadi tantangan kami (Pemkab Jepara, red) dan kami di KONI ingin menunjukkan bahwa kami siap menjadi tuan rumah yang baik dari awao penyelenggaraan sampai penutupan nanti,” imbuhnya.

Dirinya berharap bazar ini bisa menjadi media untuk mengenalkan dan juga mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Jepara agar bisa dilihat oleh para tamu, karena tamu, atlet, official yang bertanding di Kabupaten Jepara ini tembus sampai angka 4.000.

“Tentunya ini potensi yang luar biasa, sehingga kalau mereka pasca helatan pertandingan mereka bisa mencari hiburan melalui berbagai pertunjukan seni dan suguhan yang dijual didalam bazar. Dari hal itu kita pun juga punya harapan hal ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM,” tandasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version