Kelola Arsip Daerah, Pemkot Salatiga Gelar Bimtek Implementasi Srikandi

MENGARAHKAN: Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, memberikan arahan implementasi Srikandi pada Senin, 20 Februari 2023. (Dok. Humas Pemkot Salatiga/Lingkarjateng.id)

MENGARAHKAN: Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, memberikan arahan implementasi Srikandi pada Senin, 20 Februari 2023. (Dok. Humas Pemkot Salatiga/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.idPemerintah Kota (Pemkot) Salatiga melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpersip) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Srikandi tingkat kelurahan pada Senin, 20 Februari 2023.

Srikandi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi merupakan aplikasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi.

Kegiatan Bimtek Implementasi Srikandi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di daerah. Salah satu indikator dalam peningkatan kualitas kearsipan adalah pada aspek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana setiap pemerintah daerah harus memiliki layanan kearsipan berbasis elektronik.

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, meminta kepada Kepala Dinas Dinpersip untuk selalu memperhatikan pengelolaan aplikasi Srikandi termasuk menyiapkan langkah antisipasi bila ada suatu permasalahan.

“Leading sektor harus memperhatikan terhadap aspek edukasi, implementasi, mengsosialisasi dan yang tidak kalah penting adalah memfasilitasi. Karna ada beberapa hal penting harus diperhatikan, terutama ketika nanti timbul pertanyaan,” ujar Sinoeng.

Sinoeng juga meminta agar Dinpersi dapat memberikan penjelasan secara khusus tentang materi substansif dalam penggunaan aplikasi Srikandi.

“Saya minta kepada Dinpersip untuk menjelaskan secara khusus tentang materi substantifnya apa. Lalu dielaborasi kalau ada gangguan, kesulitan, kepada siapa harus dilaporkan dan diselesaikan. Maka hal-hal tersebut yang penting untuk dikomunikasikan lebih lanjut,” bebernya.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh Camat se-Kota Salatiga, lurah dan admin pengelola Srikandi tiap kelurahan tersebut dilaksanakan pula penandatanganan komitmen bersama penggunaan aplikasi Srikandi. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version