Jemput Ribuan Warga Pati di Jakarta, 11 Bus Mudik Gratis Diberangkatkan Hari Ini

PATI, Lingkarjateng.id – Sebanyak 11 bus diberangkatkan dari halaman Kantor Kabupaten Pati menuju Jakarta untuk menjemput 1.300 pemudik asal Pati, Jumat, 5 April 2024.

Tak hanya itu, belasan bus yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu akan ditambah lagi 15 bus yang disediakan oleh pihak Kementrian Perhubungan.

Rencananya, warga asal Pati yang merantau di Jabodetabek menjadi target penjemputan 26 bus mudik gratis.

Ditargetkan, 1.300 pemudik bakal sampai di halaman Kantor Kabupaten Pati lagi pada Sabtu malam, 6 April 2024.

“Pemda menyiapkan 11 bus, kali 50 berarti 550. Kemudian, kementerian lewat Pak Sudewo ada 15 kali 50. Ditargetkan besok malam,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati Teguh Widyatmoko.

Sebelum diberangkatkan, pihaknya melakukan pengecekan kelayakan kendaraan, serta kelengkapan dokumen bus dan pengemudi. Teguh memastikan, semua bus yang berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) aman dan siap menjemput pemudik.

“Yang pertama kita check, kelengkapan surat kendaraan, kemudian SIM, kelayakan kendaraan dan sebagainya. Kita pastikan sebelum menjemput pemudik kondisi kendaraan betul-betul siap mengangkut pemudik,” jelasnya.

Terkait jalur mudik di Pati, Teguh memprediksi bahwa kemacetan tidak akan terjadi. Mengingat, sudah ada jalan tol yang lebih dipilih pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tanpa harus melewati jalur Pantura di Pati.

“Pati bukan jalur ramai, susah ada tol ya, yang arah timur mungkin lebih milih tol yang pribadi, sehingga diperkirakan Pati lancar. Tidak ada antrian atau kemacetan yang signifikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada agenda mudik gratis ini, Pemda Pati mengakui masih mempunyai PR. Dimana, Pemda belum bisa memberikan fasilitas gratis memberangkatkan pemudik ke kota tujuan di arus balik nanti. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version