Harkannas, Pj Bupati Jepara Ajak Warga Gemar Makan Ikan Demi Cegah Stunting

Harkannas,-Pj-Bupati-Jepara-Ajak-Warga-Gemar-Makan-Ikan-Demi-Cegah-Stunting

EDUKASI WARGA: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berdialog dengan salah seorang warga tentang upaya mencegah stunting dengan membiasakan anak makan ikan. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id Selain sebagai sumber protein tinggi, mengkonsumsi ikan merupakan upaya untuk mencegah stunting. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta melalui kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas).

Kegiatan tersebut digelar di Desa Kelet, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara pada Senin, 21 November 2022.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan bahwa momentum Harkannas, ia mengajak seluruh elemen masyarakat menginisiasi gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan.

“Ini berguna pagi pemenuhan gizi di seribu hari pertama kehidupan (HPK) dalam penanganan stunting. Ayo makan ikan untuk cegah stunting di Jepara,” ajak Edy.

Cegah Stunting, Pemkab Jepara Turunkan 2.739 Pendamping ke Desa

Ia menyampaikan, angka konsumsi ikan nasional berada di angka 54,5 kilogram per kapita per tahun. Sementara, untuk Jawa Tengah berada di angka 32,64 kilogram per kapita per tahun, dan untuk Jepara saat ini 32,7 kilogram per kapita per tahun.

“Jepara punya potensi besar dalam penyediaan bahan baku ikan, sebagai sumber pangan sehat untuk dioptimalkan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Keling Budi Krisnanto menuturkan bahwa, berbagai upaya dilakukan untuk menekan angka stunting di Kecamatan Keling. Salah satunya dengan membuat pondok gizi stunting untuk masyarakat.

Alhamdulilah angka stunting di Kecamatan Keling menurun. Sebelumnya, sebanyak 78 kasus (tahun 2022, red), kini turun menjadi 27 kasus (tahun 2022, red),” tutur Budi.

Senada dengan Pj Bupati Jepara, Kepala Dinas Perikanan Wasiyanto juga mengajak untuk menyebarkan informasi tentang manfaat mengkonsumsi ikan.

Menurutnya, produksi ikan laut di Jepara mencapai 12 ribu ton per tahun. Sedangkan, untuk ikan air tawar lele dan nila sekitar 11 ribu ton, juga ditambah dengan budidaya latoh.

“Mari kita bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” imbau Wasiyanto. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)