Dukung Realisasi Smart City, Diskominfo Pati Harapkan Peran Serta Masyarakat

RAPAT: Kepala Diskominfo Pati, Ratriwijayanto (kedua dari kiri) saat menghadiri evaluasi Smart City dengan Pemerintah Kabupaten Pati. (dok. Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

RAPAT: Kepala Diskominfo Pati, Ratriwijayanto (kedua dari kiri) saat menghadiri evaluasi Smart City dengan Pemerintah Kabupaten Pati. (dok. Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati meminta restu kepada seluruh masyarakat Pati untuk mendukung program Smart City atau kota cerdas yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

Smart City ini sendiri dibentuk dalam rangka peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia (SDM) Pati yang mumpuni di berbagai bidang. Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan bahwa komponen Smart City yang telah dilaksanakan tidak akan berarti apa apa tanpa peran serta masyarakat.

Ratri menambahkan bahwa evaluasi bersama perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) juga sudah dilakukan dalam rangka menuju Pati Smart City.

“Tahun 2022 kemarin juga sudah dilakukan evaluasi oleh evaluator dan akademisi untuk mengevaluasi pelaksanaan Pati Smart City bersama beberapa instansi pemerintah daerah Pati,” tuturnya.

Wujudkan Smart Government, Diskominfo Pati Maksimalkan Garap Smart City

Dengan dukungan masyarakat, Ratri berharap seluruh OPD dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di segala aspek pemerintahan.

Beberapa program unggulan yang sudah dicanangkan sejak 2022 antara lain pembuatan aplikasi SIM UKPBJ, aplikasi KIR online, aplikasi Sisipa, aplikasi Pati Santun, Bank sampah induk, dan Agro Wisata Jollong.

“Tentunya kami sangat mendukung program ini. Apalagi yang ditonjolkan adalah pemanfaatan teknologi informasi seperti beberapa program aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam kepengurusan administrasi,” tambahnya.

Ratri berharap OPD terkait dapat melakukan sosialisasi program-program Smart City dalam rangka melek teknologi masyarakat Pati. Apalagi pelayanan konvensional saat ini mulai beralih ke pelayanan online. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version