DPRD Pati Suwarno Usul Peremajaan Ambulans di Tiap Faskes

Anggota DPRD Pati, Suwarno. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

Anggota DPRD Pati, Suwarno. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kualitas sarana prasarana fasilitas kesehatan (faskes) baik di puskesmas maupun rumah sakit perlu diperhatikan karena menyangkut kepentingan orang banyak. Akan tetapi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suwarno, menyebut kualitas sarpras faskes di Pati masih kurang memadai.

Hasil sidak Komisi D PDRD Pati yang membidangi sektor kesehatan, Suwarno menyebut ada mobil ambulans yang sudah berusia 31 tahun sehingga perlu dilakukan peremajaan.

Menurut Suwarno, pelayanan kesehatan yang baik harus diimbangi dengan sarpras yang memadai pula. Jika alat transportasi yang digunakan untuk mengevakuasi orang sakit ini dalam kondisi buruk, ia khawatir bisa rusak sewaktu-waktu dan menghambat penanganan sehingga bisa berakibat fatal pada pasien.

“Pak Pj (Penjabat Bupati) juga perlu memperhatikan bahwa ada puskesmas yang ambulans-nya itu sudah tua, dibeli tahun 1992 sudah 31 tahun. Ini sudah tidak layak dan sampai sekarang masih dipakai. Ini perlu dipikirkan, jangan sampai terjadi saat mengangkut orang sakit tiba-tiba ditengah jalan mogok,” bebernya.

Jika dilihat dari segi bangunan, Suwarno menilai faskes yang ada di Pati sudah cukup baik. Sehingga, ia mendorong agar Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan Pj Bupati Pati agar bisa memperhatikan keberadaan ambulan.

Dengan adanya sarpras yang memadai, politisi dari PDIP ini yakin pelayanan faskes terhadap masyarakat bisa lebih baik. Jangan sampai ada keluhan dari masyarakat, baru kemudian ditindaklanjuti.

“Dinas Kesehatan juga khususnya di Puskesmas, keberadaan ambulans ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan agar bisa segera ditangani. Jikapun tidak bisa, langsung saja dirujuk ke rumah sakit,” tutup wakil rakyat dari Kecamatan Winong ini. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version