DKP Kendal Resmikan Koperasi “Upik Ngrejekeni Bersama”

IMG 20240907 WA0002

SIMBOLIS: Sekda Kendal, Sugiono (bertopi), meresmikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) Koperasi Pemasaran "Upik Ngrejekeni Bersama" di Poklahsar Mina Bangun Mandiri, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal pada Jumat, 6 September 2024. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal meresmikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) Koperasi Pemasaran “Upik Ngrejekeni Bersama” pada Jumat, 6 September 2024, bertempat di Poklahsar Mina Bangun Mandiri, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Peresmian koperasi “Upik Ngrejekeni Bersama” ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekda Kendal, Sugiono.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, ini sebagai upaya mendorong para UMKM pengolahan ikan supaya naik kelas.

“Jadi di Kendal sendiri ada sekitar 24 UMKM pengolahan yang merupakan kelompok, lalu kita berikan pembinaan dan kita buat koperasi,” ujar Hudi.

Ditambahkan, setelah diresmikan, pihak DKP juga akan terus memonitoring terkait perkembangan dari UPI Koperasi Pemasaran “Upik Ngrejekeni Bersama” ini.

“Kita akan berikan pelatihan agar bisa memasarkan digital, lalu pengemasan yang bagus, nanti akan kita monitor bagaimana manajemen pengelolaannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, pada tahun 2024 di Kabupaten Kendal telah membentuk empat UPI dan pada tahun 2023 lalu hanya ada dua.

“Dan semuanya insyaallah akan lebih berkembang, kami berharap Kendal lebih mendunia lagi terkait dengan hasil olahan ikannya,” harap Hudi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono mengatakan, rehab UPI DAK 2024 di Kendal ini sangat pas, karena bisa memaksimalkan produk olahan ikan.

“Karena Kendal sumber nelayan yang besar. Selanjutnya kita butuh untuk pemasaran, lalu pengolahan yang benar benar baik. Saya melihat dari pengolahan hingga packing itu sudah sangat baik sekali,” ungkap Sekda. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version