Diduga Korsleting, Rumah Joglo di Pati Ludes Terbakar

LUDES TERBAKAR: Kondisi pasca kebakaran rumah di RT 4 RW 2 Desa Terteg, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati pada Senin, 5 Desember 2022 petang. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

LUDES TERBAKAR: Kondisi pasca kebakaran rumah di RT 4 RW 2 Desa Terteg, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati pada Senin, 5 Desember 2022 petang. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Sebuah rumah di RT 4 RW 2 Desa Terteg, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati ludes terbakar pada Senin, 5 Desember 2022 petang. 

Peristiwa kebakaran ini sempat terekam dan diunggah ke media sosial Facebook. Warga setempat tampak saling membantu memadamkan api yang berkobar membakar bangunan rumah yang mayoritas berbahan kayu. Hal itu disinyalir membuat kobaran api dengan cepat membesar.

Kasi Humas Polresta Pati, AKP Pujiati, mengonfirmasi bahwa peristiwa kebakaran itu terjadi di rumah milik Sukadar (60). Rumah joglo kuno itu terbakar ketika ditinggal ke sawah untuk mencari rumput. 

Kronologis kebakaran pertama kali diketahui oleh Tarjan yang melihat kepulan asap berasal dari rumah korban. Ia kemudian berteriak mencari bantuan.

“Saat saksi sedang bersantai di rumah, ia melihat adanya api yang membakar rumah korban. Ia kemudian berteriak kepada tetangga bahwa ada kebakaran,” jelas AKP Pujiati pada Selasa, 6 Desember 2022.

Warga kemudian datang dan bergotong royong berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api baru bisa dipadamkan sekira jam 17.05 WIB. 

Pasca kebakaran, Tarjan kemudian melapor ke Bhabinkamtibmas Desa Terteg, Bripka Baidowi dan Polsek Pucakwangi guna penyelidikan lebih lanjut. Pasca penyelidikan, diketahui api berasal dari kabel listrik di teras rumah yang sudah usang. 

“Titik api diduga berasal dari kabel listriknya sendiri yang terletak di blandar dan kaso teras rumah. Kabel sudah usang karena terdapat sambungan yang tidak diganti sehingga korslet,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai 150 juta rupiah karena seluruh bangunan rumah yang berbahan dasar kayu tersebut ludes terbakar. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version