Cegah TPA Ngronggo Salatiga Overload, Warga Kumpulrejo Diajak Peduli Kelola Sampah

PILAH SAMPAH: Sejumlah warga saat memilah sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Dusun Ngronggo, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. (Angga Rosa/Lingkarjateng.id)

PILAH SAMPAH: Sejumlah warga saat memilah sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Dusun Ngronggo, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. (Angga Rosa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Volume pembuangan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Dusun Ngronggo, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga semakin bertambang dari waktu ke waktu. Untuk itu, warga sekitar TPA Ngronggo meminta kepada masyarakat untuk lebih peduli dalam mengelola sampah.

Salah satu wargaDesa Kumpulrejo, Wartono, mengatakan bahwa volume sampah yang dibuang ke TPA Ngronggo dari waktu ke waktu terus meningkat. Ke depan, jika tidak ada kepedulian lingkungan tentunya bisa menimbulkan masalah karena lahan untuk menampung sampah di TPA setempat terbatas. 

“Jika lahan TPA sudah tidak mampu menampung, tentunya bisa muncul masalah. Maka dari itu, seyogyanya masyarakat bisa mengurangi produksi sampah mulai dari lingkungan rumah,” ujarnya, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Menurut Wartono, warga harus peduli dan mau mengelola sampah di rumah dan lingkungan sekitar. Ini penting bagi diri sendiri, keluarga, bahkan lingkungan sekitar, utamanya menyangkut kebersihan dan kesehatan.

Dia menyatakan, masyarakat perlu memahami cara mengelola sampah hingga memilah sumber-sumber sampah. Sebab sebagian sampah masih bisa dikelola dan memiliki nilai ekonomis.

“Caranya bisa membentuk kelompok bank sampah. Bank sampah ini, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah dan memiliki nilai ekonomis,” tuturnya.

Berdirinya bank sampah menurut Wartono dapat meringankan beban sampah yang kian menumpuk di TPA Ngronggo. Pasalnya, jika semua sampah dibuang ke TPA, lambat laun akan penuh dan bisa membludak. (Lingkar Network | Angga Rosa – Koran Lingkar)

Exit mobile version