DPRD Jepara : Serap Aspirasi melalui Gelombang Udara

Dprd jepara melakukan audiensi lewat gelombang radio

MENGUDARA: Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Haizul Maarif (kiri) saat membuka ruang diskusi di Lembaga Penyiaran Publik Lokal Kartini Fm Jepara, Kamis (4/11).

JEPARA – Lingkarjateng.id, Berbagai cara dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kali ini, tidak hanya melakukan pelaksanaan reses hingga menerima audiensi. Namun para legislatif Tamansari itu merespons keluhan warga masyarakat melalui gelombang radio.

Melalui Program ‘Tamansari Menyapa’ edisi perdana itu, Ketua DPRD Jepara, Haizul Maarif mengatakan bahwa tema yang diangkat kali ini yakni ‘Mengenal DPRD Kabupaten Jepara’. Menurutnya, tujuan pemberian tema itu agar warga mengenal lebih dalam kedudukan, tugas pokok, dan fungsi perwakilan rakyat daerah.

“Karena dengan mengenal, mudah-mudahan ini akan semakin sayang,” kata Guz Haiz, sapaan akrabnya saat membuka ruang diskusi di Lembaga Penyiaran Publik Lokal Kartini Fm Jepara, Kamis (4/11).

Upaya ini, jelas Guz Haiz, dilakukan agar lebih mendekatkan diri dalam menerima aduan atau informasi dari masyarakat. Sekaligus melengkapi sarana penyerapan aspirasi yang ada, seperti program reses dan jalur audiensi. Setelah itu, lanjutnya, baru diperjuangkan sesuai tugas pokok dan fungsi DPRD yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan sebagai penyambung lidah rakyat.

Senada, Wakil Ketua DPRD Jepara, Nuruddin Amin mengungkapkan bahwa dalam menjalankan fungsi legislatif di daerah, DPRD lebih mengutamakan sinergitas dengan eksekutif. ‘Berkolaborasi dan mewujudkan pembangunan seperti yang diharapkan oleh masyarakat. Tingkat daerah seperti Jepara ini, legislatif dan eksekutif sama-sama di bawah Kementerian Dalam Negeri,” kata Guz Nung, sapaan akrabnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Jepara, Syafik Khoirul Abib serta anggota Komisi D Bustanul Arif menambahkan, agar masyarakat tetap berprasangka baik untuk bersama-sama membangun daerah. Keduanya meminta warga tak patah semangat dan tetap optimis. Sebagai tambahan, Program Taman Sari Menyapa itu, bakal rutin digelar Kamis, Jumat, dan Sabtu. Program tersebut akan membahas tema yang berbeda-beda dengan narasumber para dewan secara bergantian. Bagi pendengar juga diberikan saluran komunikasi melalui akun Facebook Kartini atau telepon 0291 – 591290 serta melalui SMS maupun whatsApp di nomor 081325050387. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)