Wajib Coba, Ini 5 Tips Agar Semangat Kerja di Bulan Ramadan

Wajib Coba, Ini 5 Tips Agar Semangat Kerja di Bulan Ramadan

ILUSTRASI: Bekerja saat puasa di bulan Ramadan. (tirachardz from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bekerja selama bulan Ramadan selalu mempunyai kenikmatan tersendiri. Jangan sampai kamu selalu mengeluh ataupun lemas saat bekerja selama bulan Ramadan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu akan tetap bisa semangat bekerja selama bulan Ramadan dengan mengikuti tips berikut ini :

1. Niat

Sumber: rawpixel from Freepik

Meskipun tantangan di bulan Ramadan bertambah dengan harus melaksanakan kewajiban agama, seperti menahan lapar, menahan haus, menahan nafsu, dan lainnya, namun kamu harus mempunyai niat yang kuat untuk bekerja dengan semangat.

Jika kamu mempunyai niat dan tekad yang kuat dalam berpuasa, segala aktivitas yang kamu lakukan bisa terlaksana dengan optimal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perkuat hatimu untuk menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini.

2. Hindari kafein

Sumber: KamranAydinov from Freepik

Apakah kamu suka minum minuman yang mengandung kafein? Kafein di hari biasa mungkin bisa memberimu kesegaran terlebih saat kamu mengantuk. Lain halnya di bulan puasa, sebaiknya kamu hindari minum minuman yang mengandung kafein di saat sahur dan berbuka.

Hal ini karena kafein memiliki kadar asam yang tinggi. Jika kamu terus-menerus mengonsumsinya bisa menyebabkan maag yang bisa mengganggu aktivitas kerjamu saat puasa. Selain itu, kafein bisa menyebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan kamu merasa haus saat bekerja. Akhirnya, semangat kamu dalam bekerja pun akan menurun.

3. Penuhi asupan air putih

Sumber: diana.grytsku from Freepik

Saat sahur, kamu harus mencukupi asupan air putih agar tidak dehidrasi selama puasa. Seperti yang kita ketahui, air putih mengandung mineral yang baik untuk tubuh karena bisa menjaga kadar oksigen di otak.

Setelah berbuka, kamu juga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Jangan lupa, imbangi juga dengan makanan yang bergizi saat kamu sahur dan berbuka.

4. Makan menu seimbang saat sahur dan berbuka

Sumber: freepik

Makanan yang kamu konsumsi juga mempengaruhi tingkat energimu. Pilihlah menu makanan yang cukup mengandung serat, protein, vitamin, karbohidrat, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Asupan nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kamu agar tidak mudah sakit dan meningkatkan stamina. Kamu juga dianjurkan mengonsumsi jus buah atau sayuran dalam porsi yang besar.

5. Kurangi waktu lembur

Sumber: DCStudio from Freepik

Di bulan Ramadan, sebaiknya kamu mengurangi waktu lembur dalam bekerja. Karena jika aktivitas lembur dilakukan bisa berpotensi membuat semangat kerjamu menurun.

Hal ini karena saat lembur, kamu perlu bekerja lebih dari 8 jam. Jika hal ini kamu lakukan, tentu akan mengganggu jadwal tidurmu. Akibatnya, kamu akan merasa kantuk selama bekerja.

Mudah, bukan? Coba kamu praktikkan tips-tips di atas agar kamu selalu semangat bekerja saat menjalankan ibadah puasa. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)