Tips Memotivasi Anak Masuk Sekolah di Hari Pertama

Tips-Memotivasi-Anak-di-Hari-Pertama-Masuk-Sekolah

ILUSTRASI: Anak yang masuk sekolah di hari pertama. (pch.vecto from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id Pengalaman anak di hari pertama masuk sekolah akan menentukan perasaan anak dalam menjalani sekolahnya di hari berikutnya. Hal inilah yang membuat orang tua harus mempunyai tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama.

Mempersiapkan anak masuk sekolah di hari pertama tahun ajaran baru tidaklah mudah, untuk membuat anak semangat ke sekolah di hari pertamanya, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Selain berbagai perlengkapan sekolah, hal yang perlu disiapkan adalah mendorong rasa percaya diri anak dalam menjalani hari pertama sekolah. Untuk membuat anak percaya diri saat menjalani hari pertama sekolah, ada beberapa tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama. Apa saja?.

1. Menyiapkan bekal kesukaan

Tips memotivasi anak masuk sekolah yang pertama adalah menyiapkan bekal kesukaan. Menyiapkan bekal kesukaan akan membuat mereka bersemangat dalam menghadapi hari pertama masuk sekolah. Jangan lupa, sebaiknya kemas bekal dengan rapi sehingga anak bisa makan dengan mudah dan mandiri.

2. Beri contoh cara berkenalan

Memberi contoh cara berkenalan merupakan salah satu tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama. Sebagai orang tua, perlu memupuk rasa percaya diri pada anak dan bisa memulainya dengan mengajak berkenalan dengan sesama orang tua lalu mengajak anak berkenalan dengan teman baru. Saat anak memiliki teman baru di sekolah, harapannya anak bisa menghadapi hari berikutnya dengan baik.

3. Beri apresiasi

Jangan lupa memberi apresiasi anak, ya. Memberi apresiasi salah satu tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama. Saat anak berbincang usai pulang sekolah, sebaiknya orang tua menanyakan juga pengalaman dan kegiatan yang dilakukan di hari pertama sekolah dan tidak lupa memberinya apresiasi.

4. Jangan lewatkan dukungan moril

Tips lain memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama adalah memberi dukungan. Dukungan tidak hanya saat orang tua memasukkan anak ke sekolah terbaik, memenuhi fasilitas dan sebagainya. Namun, dukungan moril adalah hal utama yang memberi motivasi tak ternilai.

5. Menyiapkan perlengkapan sekolah bersama

Tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama yang terakhir adalah menyiapkan perlengkapan sekolah bersama. Biasanya anak akan lebih bersemangat apabila dilibatkan dalam menyiapkan perlengkapan sekolah.

Itulah beberapa tips memotivasi anak masuk sekolah di hari pertama dan jangan lupa dukung selalu semangat belajar anak, karena hari pertama masuk sekolah akan sangat berkesan untuk anak-anak. (lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version