Tanpa Cabut Colokan, Kamu Sudah Bisa Bersihkan Bunga Es dengan 4 Cara Ini

Ilustrasi bunga es. (Canva/Lingkarjateng.id)

Ilustrasi bunga es. (Canva/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bunga es merupakan lapisan es di badian pendingin atau freezer di dalam kulkas. Setiap kali lapisan es di sekitar dinding freezer menebal, Anda harus segera membersihkannya. Sebab bunga es dapat membuat kinerja kulkas Anda menjadi berkurang sehingga makanan menjadi cepat busuk.

Akan tetapi, membersihkan bunga es menjadi tantangan tersendiri terlebih bagi Anda yang tidak mau rugi biaya listrik sebab harus mematikan kulkas terlebih dahulu. Maka tidak mengherankan apabila sebagian orang berani membersihkan bunga es tanpa mematikan listrik. Alasan lain yang jelas, membersihkan tanpa mencabut colokannya dulu akan lebih menghemat waktu.

Sebelum mulai membersihkan bunga es, keluarkan semua bahan makanan yang ada di kulkas. Lalu usahakan Anda menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari panas atau dingin. Selain itu, perhatikan permukaan freezer untuk menghindari kerusakan pada kulkas.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan bunga es tanpa mematikan listrik:

1. Gunakan Air Panas

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk membersihkan bunga es tanpa matikan listrik. Caranya dengan mengisi panci atau baskom dengan air panas dan letakkan di dalam kulkas. Uap panas dari air akan membantu melelehkan bunga es.

2. Gunakan Hair Dryer

Cara ini juga cukup efektif untuk membersihkan bunga es tanpa matikan listrik. Anda cukup nyalakan hair dryer di suhu yang paling panas dan arahkan ke bunga es. Ulangi proses ini hingga bunga es mencair.

3. Gunakan Kain Atau Handuk

Cara ini terbilang paling sederhana untuk membersihkan bunga es tanpa matikan listrik. Anda hanya perlu membasahi kain atau handuk dengan air hangat dan peras hingga lembap. Letakkan kain atau handuk di atas bunga es dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi proses ini hingga bunga es mencair.

4. Gunakan Alat Pembersih Bunga Es

Saat ini, ada banyak alat pembersih bunga es yang mulai dijual di pasaran. Alat ini biasanya berbentuk seperti pisau atau sikat yang dapat digunakan untuk menghilangkan bunga es dengan cepat dan mudah.

Ingatlah, selain melakukan beberapa tips di atas Anda juga harus teratur mencegah penumpukan bunga es yang berlebihan. Sehingga makanan dan minuman terjaga kesegarannya, serta kulkas yang Anda miliki tetap awet. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version