Stop Jadi People Pleaser! Lakukan Hal ini Agar Kamu Lebih Bahagia

Stop Jadi People Pleaser Lakukan Hal ini Agar Kamu Lebih Bahagia

ILUSTRASI: Seseorang yang memiliki karakteristik people pleaser. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Menjadi seseorang yang people pleaser atau enggak enakan, tentu lama kelamaan bisa membuat diri sendiri menjadi lelah. Terkadang, kita menemui seseorang yang rela melakukan apa saja untuk memenuhi ekspektasi orang lain. Mau menolak tapi merasa sungkan. Nah, itulah salah satu kriteria orang dengan karakter people pleaser. Apa kamu salah satunya?.

Menjadi people pleaser, selain menyusahkan diri sendiri ada beberapa dampak buruk lainnya, lho jika kamu terus menerus memelihara people pleaser tumbuh subur pada dirimu. Lalu bagaimana cara stop menjadi orang yang people pleaser?. Yuk, ketahui lebih lanjut.

People Pleaser Menurut Psikolog

Psikolog UGM, Smita Dinakaramani, S.Psi., M.Psi., Psikolog.,  menjelaskan bahwa, people pleaser merupakan pelabelan informal bagi individu yang memiliki keinginan kuat untuk menyenangkan orang lain.

People Pleaser ini basically membantu dengan motif untuk menyenangkan orang lain, meski itu merugikan dirinya sendiri. Itu perbedaanya dengan orang yang benar-benar mau membantu, bisa memetakan kapasitasnya sampai mana bisa membantu atau tidak,” paparnya, seperti yang dilansir dari laman Universitas Gadjah Mada, pada Jumat, 29 September 2023.

Jadi, meski bertentangan dengan apa yang dia pikirkan atau yang dia rasakan, orang-orang people pleaser akan selalu berusaha melakukan atau mengatakan hal yang menyenangkan untuk orang lain. Hal ini dia lakukan agar orang lain tidak kecewa kepadanya. Singkatnya, orang ini akan selalu berusaha memenuhi ekspektasi orang lain.

Tanda-Tanda People Pleaser

Dilansir dari laman resmi Siloamhospitals, berikut ini terdapat tanda-tanda orang dengan karakter people pleaser.

Dampak Buruk Jadi Orang People Pleaser

Berikut ini rangkuman dampak buruk yang bakal kamu alami jika kamu menjadi orang people pelaser.

Cara Stop Jadi Orang People Pleaser

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk stop menjadi orang yang enggak enakan alias people pleaser, agar hidupmu lebih bahagia. Apa saja?

1. Nolak itu enggak jahat

      Tidak selamanya kamu selalu siap siaga bisa membantu orang lain. Jika kamu memang benar-benar tidak mampu untuk membantu, jangan memaksakan diri sendiri. Tidak ada salahnya untuk menolak. Menolak untuk memberikan bantuan itu tidak jahat. Kamu bisa memberikan simpati dan memberikan pengertian kepadanya, kalau kamu benar-benar tidak bisa membantunya.

      2. Pahami kondisi dan situasi

      Sebelum kamu memutuskan untuk membantu orang lain, sebaiknya pahami dulu niat dan tujuan orang itu. Jika orang itu butuh bantuan dan kamu sanggup, tidak ada salahnya untuk berbuat baik. Namun jika orang itu memanfaatkan kamu, sebaiknya jangan pernah sungkan untuk menolaknya.

      3. Hargai dirimu

      Kamu harus belajar untuk menghargai dan mencintai diri sendiri dan stop merendahkan diri di hadapan orang lain. Kamu bisa menentukan tindakan, tidak hanya sesuai keinginan atau ekspektasi orang lain, tapi juga untuk kebaikan dirimu sendiri.

      Sekalipun tujuanmu baik, tapi cobalah pelan-pelan berhenti menjadi people pleaser dan belajarlah untuk berani berkata “tidak”.(Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

      Exit mobile version