Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

guru menulis

Oleh : Ratih Kusumastuti, S.Pd, Guru informatika SMK Negeri 2 Cilacap

Di era digital yang tengah melanda berbagai segi kehidupan membuat pendidik harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, salah satunya menjadikannya dalam proses pembelajaran  yang kondusif dan menyenangkan.

Teknik pembelajaran konvensional cenderung membuat peserta didik merasa bosan. Suasana proses pembelajaran yang tidak menarik, membuat peserta didik sulit untuk fokus pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran dan pengajaran yang kondusif, menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik di dunia pendidikan dibutuhkan agar maksud dan tujuan pengajaran yang diharapkan dalam proses pembelajaran mudah dicapai. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Dalam pembelajaran, media pembelajaran sangatlah penting dimana dengan adanya media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Pemanfaatan media teknologi sebagai sarana pembelajaran adalah mempermudah peserta didk maupun pengajar dalam mengelola, menyampaikan pengajaran serta menjadikan pengalaman belajar yang menarik. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan, minat dan bakat baru, meningkatkan semangat dalam proses pembelajaran di sekolah, dan sangat berpengaruh secara moral kepada peserta didik. (Nurseto, 2011)

Salah satu media teknologi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan menggunakan aplikasi kahoot. Aplikasi kahoot dalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang kreatif dan  tidak  membosankan peserta didik maupun pengajar karena pada dasarnya aplikasi kahoot membuat gaya dalam belajar yang menekankan pada peran aktif partisipasi peserta didik dengan teman sejawatnya dalam hal persaingan mendapatkan nilai terbaik dalam pembelajaran yang telah dipelajarinya.

Adapun alamat website kahoot yaitu https://kahoot.com/ untuk pengajar dan https://kahoot.it/ untuk peserta didik. Penggunaan kuis  onlinesurvey,  diskusi dan   campuran   adalah   platform   Kahoot yang  dapat  dimanfaatkan,  dimana  untuk memainkannya  ada  cara  yang  beragam. Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Kahoot juga membutuhkan sambungan   jaringan   internet. (Arsyad, 2013).

Aplikasi kahoot dapat dimulai saat awal pembelajaran ataupun pada akhir pembelajaran. Didalam aplikasi tersebut terdapat penguatan materi, soal, pengayaan, dan sebagainya. Selain bisa digunakan untuk kuis, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan survey, diskusi, dan bahkan bisa untuk bermain. Dalam aplikasi kahoot kita dapat melakukan pengaturan waktu dalam pengerjaan kuis peserta didik. Soal yang dibuat juga dapat berupa gambar dan video. Selain itu, kahoot juga memiliki beberapa template bawaan yang dapat dipilih.

Kelebihan dari penerapan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran adalah membuat suasana kelas dapat lebih menyenangkan dan dapat melatih kemampuan motorik peserta didik.

Disisi lain, aplikasi kahoot ini juga memiliki kekurangan seperti diantaranya tidak semua guru update terhadap teknologi, fasilitas sekolah yang belum memadai dan juga anak-anak gampang terdistraksi dengan membuka hal lain.

Penggunaan aplikasi kahoot relatif mudah dipelajari dan dapat dijalankan secara gratis hal ini dirasa cocok sebagai media pembelajaran di kelas.

Daftar Pustaka :


Exit mobile version