Magis! Ini 5 Manfaat Menulis Tangan yang Jarang Diketahui

ILUSTRASI: Seseorang menulis tangan membuat tipografi. (rawpixel.com form Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seseorang menulis tangan membuat tipografi. (rawpixel.com form Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Era teknologi memanjakan manusia dalam segala hal, termasuk menulis. Saat ini kegiatan catat-mencatat dengan tangan sudah bergeser dengan papan ketik maupun layar sentuh karena lebih praktik.

Tren digital yang berkembang membuat banyak orang lebih suka mencatat secara digital dibandingkan dengan menulis manual atau menulis dengan tangan. Padahal, menulis manual memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah memperkuat daya ingat.  Berikut ini sejumlah manfaat menulis tangan yang tidak banyak diketahui.

1. Menguatkan Daya Ingat

Menulis dengan tangan adalah proses yang dinamis, karena ketika menulis, otak juga memproses apa yang kita pikirkan, dengar, dan lihat. Sebuah penelitian menyebutkan ada jalur syaraf yang berbeda pada otak manusia yang hanya diaktifkan dengan olah motorik halus saat menulis. Proses belajar dan kinerja memori sangat terpengaruh dengan jalur syaraf ini. Maka menulis dengan tangan mampu menguatkan daya ingat seseorang.

2. Melepaskan Emosi

Siapa sangka, menulis manual bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi. Menulis tangan dapat membantu memperlancar kembali proses regulasi emosi, sehingga emosi-emosi negatif yang selama ini tersimpan di alam bawah sadar dapat kita sadari kembali.

Kesadaran inilah yang membantu seseorang mampu meregulasi emosi dengan baik, sehingga bisa mengenal diri secara lebih baik, mampu memahami apa yang sebenarnya dirasakan, dan mampu mengekspresikan emosi secara tepat. Di saat itulah seseorang merasa release (melepaskan emosi negatif), sehingga muncul perasaan lega.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment, mengungkapkan manfaat menulis tangan tidak hanya dialami dalam jangka pendek, namun juga dalam jangka panjang. Pasalnya, orang yang memiliki kebiasaan menulis secara manual telah diketahui memiliki peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dimulai dari peningkatan suasana hati, kesejahteraan, serta fungsi tubuh, seperti paru-paru dan hati yang lebih baik. Tidak hanya itu, menulis juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah serta tingkat stres dan gejala depresi.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bila mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk menulis secara manual. Gunakan waktu sekitar 15 menit di malam hari sebelum waktu tidur untuk menulis tangan. Tulis apa saja yang membuatmu patut bersyukur sepanjang hari ini. Mengungkapkan hal-hal positif melalui tulisan akan menimbulkan keajaiban untuk tidur yang lebih nyenyak.

4. Mewujudkan Mimpi

Hasil studi yang dilakukan profesor psikologi di Dominican University, California, Dr. Gail Matthews tentang seni dan sains dari menetapkan tujuan menunjukkan bahwa orang yang secara rutin menulis tangan tentang tujuan dan impian mereka, mampu mencapai keinginan mereka lebih besar daripada yang tidak menuliskan mimpinya. Kita memiliki kesempatan 42 persen lebih besar untuk mencapai impian dan tujuan hanya dengan menuliskannya dengan tangan secara rutin.

5. Mengembangkan Kreativitas

Menulis menggunakan keyboard membuat jari-jari tangan bekerja secara monoton, berbeda ketika kamu menulis secara manual. Menulis dengan tangan membebaskan jari-jemari bergerak bebas membentuk garis dan pola yang diinginkan sehingga terkesan lebih sangat personal dan special, serta menjadi karakter tersendiri. Selain itu menulis dengan tangan akan memberikan kesan klasik ketimbang tulisan yang diketik secara elektronik. Jika diberikan kepada orang yang special, tulisan tangan bisa membangkitkan kenangan dari pesan yang disampaikan.

Melihat sejumlah manfaat dari menulis tangan, ada baiknya kegiatan ini kita jadikan kebiasaan. Misalnya dengan membiasakan menulis jurnal, atau hal-hal yang lebih sederhana lainnya seperti menulis kartu ucapan hingga membuat ringkasan rapat. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version