Investasi Kesehatan Tulang, 4 Olahraga Ini Bantu Cegah Osteoporosis

ILUSTRASI: Seorang wanita mengalami tanda-tanda osteoporosis. (Freepik @user7350813/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang wanita mengalami tanda-tanda osteoporosis. (Freepik @user7350813/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Gaya hidup sehat merupakan salah satu bentuk manifestasi di masa tua, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, gaya hidup sehat bisa membantu masyarakat untuk mencegah terjadinya osteoporosis saat masih muda.

Hal itu seperti disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), dr. Lily Indriani Octavia. Menurutnya, sejak usia remaja atau dibawah umur 30 tahun hendaknya masyarakat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menabung cadangan tulang dengan gaya hidup sehat seperti latihan fisik secara teratur dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk tubuh.

Seiring berjalannya usia, secara alami massa tulang akan menurun. Olahraga seperti angkat beban, latihan resistensi dan latihan keseimbangan bisa menjadi cara untuk menabung tulang sehat demi mencegah osteoporosisi dini.

Berikut ini jenis olahraga yang bisa menjadi rutinitas gaya hidup sehat untuk mencegah osteoporosis:

1. Aerobik

Gerakan senam aerobik bagus untuk mencegah osteoporosis karena tulang dan otot bergerak melawan gravitasi untuk mempertahankan postur tubuh tetap tegak. Gerakan aerobok melatih tulang dan otot menanhan beban tubuh sehingga membuatnya lebih kuat dan padat.

2. Weight bearing

Melatih kekuatan otot adalah salah kunci untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Pada usia dewasa olahraga jenis weight bearing seperti tenis, jogging, voli, basket, lompat tali, bahkan aktivitas naik-turun tangga dan angkat beban sangat bagus untuk menjadi rutinitas gaya hidup sehat. Selain membentuk kepadatan tulang, latihan beban dan weight bearing juga bisa meningkatkan massa otot yang  baik untuk menjaga kesehatan.

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk latihan fleksibilitas yang bagus untuk mencegah osteoporosis. Khususnya bagi masyarakat yang banyak melakukan aktivitasnya dengan duduk, yoga bisa merupakan pilihan yang bisa dicoba. Latihan yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tulang dan otot. Meski demikian akan lebih baik untuk menghindari gerakan yoga yang membuat tubuh banyak membungkuk ke depen. Hal ini untuk mencegah tekanan ekstra pada tulang dan tulang belakang secara khusus.

4. Latihan keseimbangan

Gerakan peregangan sebenarnya juga baik untuk menjaga kelenturan otot dan meningkatkan kepadatan tilang. Gerakan sederhana untuk melatiih keseimbangan adalah dengan berdiri di atas atu kaki selama 30 detik secara bergantian.

Selain rutun berolahraga, mencegah osteoporosis juga perlu didukung dengan konsumsi makanan bergizi salah satunya dengan memenuhu kebutuhan kalsium. Kalsium berperan memperkuat tulang. Kamu bisa mendapatkan asupan kalsium dari produk olahan susu rendah lemak, olahan kacang kedelai, almond, dan sayuran hijau.

Tak hanya itu, yang tak kalah penting demi investasi kesehatan tulang adalah tidak melakukan kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan mengurangi konsumsi minuman bersoda karena dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyimpan kalsium serta mengurangi kepadatan tulang. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version