Diperingati Tiap 1 Oktober, Ini 5 Fakta Hari Kesaktian Pancasila

Diperingati Tiap 1 Oktober, Ini 5 Fakta Hari Kesaktian Pancasila

LOKASI: Monumen Pancasila Sakti, tempat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Instagram @anikulsum87/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022. Tahun ini, tema yang diambil adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila dan upacaranya akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di Lubang Buaya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan untuk mengenang kembali sejarah masa lalu dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Ternyata, Hari Kesaktian Pancasila mempunyai fakta-fakta untuk yang harus kita ketahui. Simak sederet fakta-fakta berikut ini seputar Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ditetapkan oleh Soeharto

Fakta pertama adalah Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Soeharto. Saat itu, Soeharto mengadakan apel bersama pasukan militer satu hari setelah peristiwa G30S pada 1965 yaitu tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1965.

Nah, saat itulah Soeharto menetapkan Hari Kesaktian Pancasila dengan mengampanyekan pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang 1945 di Indonesia secara murni dan konsekuen.

2. Lahir bersama hari penting lainnya

Ternyata 1 Oktober tak hanya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, Lho. Jadi, pada tanggal 1 Oktober 2017 silam, juga diperingati Hari Kopi Internasional yang dirayakan dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2017.

3. Berawal dari tragedi

Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila karena ada tragedy perjalanan bangsa Indonesia pada tahun 1965. Saat itu terjadi peristiwa pembunuhan terhadap tujuh Pahlawan Revolusi dan ratusan ribu penduduk dibunuh di sejumlah daerah usai peristiwa G30S 1965.

Ketujuh Pahlawan Revolusi yang gugur yaitu Jenderal Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen S. Parman, Letjen Mas Tirtodarmo Haryono atau yang biasa dikenal MT. Haryono, Mayjen Donald Isaac Pandjaitan atau yang biasa dikenal D.I Pandjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Kapten Pierre Tendean.

4. Dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti

Setiap tahun, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila selalu dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti. Nah, Monumen Pancasila Sakti ini dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi bangsa dari ancaman ideologi komunis.

Monumen Pancasila Sakti berada di Jalan Raya Pd. Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

5. Berbeda dengan Hari Lahir Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila digunakan untuk memperingati peristiwa G30S. Sedangkan Hari Lahir Pancasila digelar untuk memperingati lahirnya Pancasila. Selain itu, Hari Lahir Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober. Tak hanya itu saja, terkait dengan sejarah kedua hari tersebut pun berbeda.

Itulah beberapa fakta seputar Hari Kesaktian Pancasila. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, diharapkan bisa menambah wawasan kebangsaan kita sebagai Warga Negara Indonesia. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)