Cek Diri Kamu, 7 Hal Ini Harus Dihindari Agar Sukses di Usia Muda

Cek Diri Kamu, 7 Hal Ini Harus Dihindari Agar Sukses di Usia Muda

ILUSTRASI: Anak-anak muda yang meraih kesuksesan. (Jcomp from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSemua orang pasti mendambakan kesuksesan. Namun, kesuksesan nyatanya bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih. Kita pasti butuh pengorbanan dan perjuangan untuk meraihnya.

Saat kita mendengar cerita perjalanan seseorang yang telah sukses, mereka membutuhkan waktu panjang untuk berubah menjadi orang yang sukses. Bahkan seringkali mereka harus mengalami kegagalan.

Sukses di usia muda akan berbeda rasanya jika dibandingkan dengan sukses di usia tua. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika kamu ingin sukses di usia muda.

1. Merasa sok pintar

Salah satu hal yang harus kamu hindari agar sukses di usia muda yaitu merasa sok pintar. Jika kamu sampai memiliki sifat ini, kamu pasti akan merasa paling hebat sendiri, merasa menjadi paling bersinar, tidak mau di kritik, dan suka mengambil keputusan sendiri tanpa mau mempertimbangkan saran dari orang lain.

Padahal, dengan menerima saran dari orang lain itu justru akan meningkatkan kualitas dirimu atau kualitas kerjamu. Sehingga akan membuka peluang kesuksesan bagi dirimu. Merasa sok pintar hanya akan membuatmu menjadi orang yang tidak berkelas. Jadi, sebaiknya buang jauh-jauh sifat tersebut, ya.

2. Tenggelam dalam zona nyaman

Hal kedua yang harus kamu hindari agar sukses di usia muda adalah tenggelam dalam zona nyaman (comfort zone). Jika kamu lebih memilih stay dari pada go away dalam zona nyaman, maka kemajuanmu akan terhambat, sehingga berpengaruh terhadap kesuksesanmu.

Di sini yang dimaksud zona nyaman yaitu kamu tidak mau melakukan hal baru, tidak ada usaha untuk meningkatkan skill, bahkan kamu tidak ada usaha yang lebih keras dari sebelumnya. Oleh karena itu, cobalah untuk belajar hal-hal baru dengan keluar dari zona nyaman. Ambil semua kesempatan dan hadapi tantangan yang ada.

3. Takut gagal

Takut gagal hanya akan membuatmu cemas hingga akhirnya menahan dan menghambat kesuksesan dirimu. Jadi, rasa takut gagal harus kamu hindari agar sukses di usia muda. Sebaiknya, kamu tetap mencoba melakukan semuanya mulai dari sekarang dan jangan takut gagal. Namun jika kegagalan menghampirimu, jadikan kegagalan itu sebagai pengalamanmu dan proses belajar untuk menjadi lebih sukses.

4. Takut dengan anggapan orang

Hal yang harus kamu hindari agar sukses di usia muda yaitu takut dengan anggapan orang lain. Jika kamu terlalu fokus dengan anggapan orang lain tentangmu, maka hal ini justru akan menghambat kesuksesan dirimu. Bahkan, kamu bisa saja termakan dengan komentar orang hingga pada akhirnya kamu takut dan tidak melakukan apa pun.

Oleh karena itu, jangan pernah takut dengan anggapan orang-orang di luar sana tentang dirimu. Fokuslah pada tujuan dan prioritas. Jika kamu menemukan anggapan yang tidak berkenan, maka kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi agar kamu terpacu untuk bekerja keras dan membuktikannya kepada semua orang atas kesuksesanmu.

5. Tidak berani ambil risiko

Hal lain yang harus kamu hindari agar sukses di usia muda yaitu tidak berani ambil risiko. Tidak ada keberhasilan yang bisa diraih tanda ada risiko. Misal, jika kamu mencoba membangun bisnis, kamu juga pasti berisiko mengalami kebangkrutan. Begitu juga saat kita bekerja di kantor, kita pun berisiko mengalami pemecatan. Oleh karena itu, demi menuju kesuksesan, risiko-risiko tersebut pun harus berani kamu ambil sebagai pelajaran hidup.

6. Memuaskan semua orang

Hal lain yang harus kamu hindari agar sukses di usia muda yaitu memuaskan semua orang. Perlu diketahui, kamu tidak akan mungkin bisa memuaskan semua orang atas pencapaianmu. Sesukses apapun kamu, pasti ada saja orang yang menilai bahwa kamu masih kurang ini dan itu.

Oleh sebab itu, kamu hanya perlu menerima kritikan tersebut dan jika perlu, kamu bisa mengambil positifnya dengan memperbaiki langkah-langkah yang sudah kamu lakukan. Memuaskan semua orang hanya akan membuang waktumu saja, jadi kamu harus tetap fokus dengan jalanmu sendiri dengan tetap berusaha melakukan yang terbaik.

7. Salah menentukan prioritas

Jika keinginan kamu adalah sukses di usia muda, maka itulah yang menjadi prioritas untuk kamu kejar. Tetap fokus dengan tujuan dan jangan mudah tergoda dengan keinginan-keinginan lain yang menjadikan prioritasmu tergeser bahkan gagal.

Itulah beberapa hal yang wajib banget kamu hindari agar sukses di usia muda. Karena kesuksesan butuh perjuangan dan kerja keras. Sudah saatnya kamu bangkit, dan tidak mager (males gerak). (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)