Berlipat Pahala, Ini Cara Terbaik Mengisi Malam Nuzulul Quran

Berlipat Pahala, Ini Cara Terbaik Mengisi Malam Nuzulul Quran

ILUSTRASI: Membaca Al-Quran. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Malam Nuzulul Quran merupakan malam waktu turunnya Al-Quran. Umat Islam memperingati Nuzulul Quran pada malam 17 Ramadhan. Makna dari memperingati malam Nuzulul Quran yaitu untuk mengingatkan kepada umat Islam bahwa untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, memperingati malam Nuzulul Quran bisa memotivasi kepada umat Islam untuk rajin membaca Al-Quran agar hidup kita semakin berkah dan diridhoi oleh Allah SWT.

Turunnya Al-Quran tertuang dalam firman Allah SWT pada QS. Al-Baqarah ayat 185, yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembela (antara yang hak dan yang batil).”

Amalan-amalan Nisfu Sya’ban

Nisfu Syaban 2022 Jatuh Tanggal 18 Maret, Simak Amalan Doanya

Lalu, kapan malam Nuzulul Quran tahun 2022?. Jika dihitung berdasarkan awal bulan Ramadhan 1443 Hijriah atau yang bertepatan dengan hari Minggu, 3 April 2022, maka Nuzulul Quran akan jatuh pada Senin, 18 April 2022.

Berikut ini, beberapa cara terbaik yang bisa kita lakukan di malam Nuzulul Quran di antaranya:

  1. Istiqomah membaca Al-Quran
  2. Memperbanyak i’tikaf
  3. Memperbanyak sholat malam
  4. Memperbanyak dzikir
  5. Memperbanyak istighfar

Adapun penjelasan dari cara-cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu sebagai berikut:

1. Istiqomah membaca Al-Quran

Malam Nuzulul Quran menjadi malam yang sangat dianjurkan untuk istiqomah membaca Al-Quran. Bahkan Allah SWT akan melipatgandakan pahala kepada umat Islam yang banyak membaca Al-Quran saat malam Nuzulul Quran.

2. Memperbanyak i’tikaf

I’tikaf termasuk ibadah sunnah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi malam Nuzulul Quran. Salah satu Sunnah Rasulullah yaitu beri’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan, dan beliau tidak pernah meninggalkannya, begitu juga dengan istri dan para sahabat Nabi. I’tikaf termasuk ibadah yang ringan untuk dilaksanakan dalam mengisi malam Nuzul Quran. Selain beri’tikaf, kita juga dianjurkan dalam memperingati malam Nuzulul Quran dengan memperbanyak sholat malam.

3. Memperbanyak sholat malam

Sholat malam juga menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Sholat malam maksudnya adqalah sholat yang dilakukan pada malam hari, seperti Sholat Tarawih, Sholat Witir, Sholat Tahajud, dan Sholat Hajat.

4. Memperbanyak dzikir

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang rajin berdzikir. Dengan kita memperbanyak berdzikir, maka momentum malam Nuzulul Quran tidak terlewatkan dengan sia-sia. Setiap dzikir yang kita lantunkan tentunya akan mendapat pahala dari Alah SWT.

5. Memperbanyak istighfar

Salah satu cara terbaik untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu dengan membaca istighfar. Kita semua pasti mempunyai dosa baik itu banyak atau sedikit. Untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat muslim untuk banyak-banyak mengucap kalimat Istighfar. Maka, dosa-dosa yang telah kita perbuat akan diberi ampunan oleh Allah SWT.

Berikut ini merupakan bacaan doa pada malam Nuzulul Quran:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil quraan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil quraan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril quraan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil quraan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.

Yang artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Quran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran. Selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam Surga dengan syafa’at Al-Quran”.

Malam Nuzulul Qur’an mempunyai beberapa keutamaan diantaranya:

1. Malam keselamatan

Malam Nuzulul Quran disebut juga sebagai malam keselamatan. Mujahid mengatakan bahwa selamatlah malam kemuliaan itu dari semua urusan. Sa’id ibnu Mansur mengatakan, telah menceritakan kepada kami Isa Ibnu Yunus, telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya dalam QS. Al-Qadar ayat 5 yang artinya: “Malam itu (penuh) kesejahteraan,” yang berarti bahwa malam Nuzulul Quran penuh keselamatan, setan tidak mampu berbuat keburukan dan mengganggu.

2. Ditakdirkan semua urusan mulai ajal hingga rezeki

Firman Allah SWT dalam QS. Ad-Dukhan ayat 4 yang artinya: “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,”. Qatadah dan yang lainnya mengatakan bahwa makna tersebut yang dimaksud ialah semua urusan ditetapkan di dalamnya dan semua ajal dan rezeki ditakdirkan.

3. Para malaikat turun ke bumi

Bersamaan dengan malam turunnya Al-Quran, para malaikat dipimpin oleh Malaikat Jibril turun ke bumi. Firman Allah SWT dalam QS. AL-Qadar ayat 4, yang artinya:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan.”

Banyak malaikat yang turun karena berkahnya yang banyak. Para malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat, sebagaimana mereka turun ketika Al-Quran dibacakan dan mengelilingi halqah-halqah dzikir serta meletakkan sayap mereka, menaungi orang yang menuntut ilmu dengan benar karena menghormatinya.

Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Ini Tanggal dan Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Itulah beberapa cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Jangan lupa juga untuk membaca doa Nuzulul Quran malam ini. Seperti yang kita tahu, malam Nuzulul Quran mempunyai keutamaan-keutamaan istimewa. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan malam Nuzulul Quran dengan sia-sia. (Lingkar Jateng | Shinta – Lingkarjateng.id)