Anda Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Ampuh Atasi Bibir Kering saat Puasa

ILUSTRASI: Bibir kering dan pecah-pecah. Sumber Gambar (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Bibir kering dan pecah-pecah. Sumber Gambar (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bibir kering dan pecah-pecah adalah hal umum dialami oleh Anda yang tengah melakukan ibadah puasa. Sebab, hampir seluruh bagian tubuh Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan selama 12 jam lebih. Selain menimbulkan perih dan tak nyaman, kondisi ini juga dapat membuat penampilan Anda terlihat pucat.

Kulit bagian bibir memang cenderung lebih tipis dibanding kulit tubuh lainnya. Hal itulah yang menyebabkan kulit bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah. Tenang saja, Lingkarjateng.id memberikan tips untuk Anda dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1.Minum Air Putih 

Minum Air Putih
Sumber Gambar (Freepik @pressfoto/Lingkarjateng.id)

Dilansir dari halodoc, bibir kering dan pecah-pecah artinya tubuh mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Langkah terbaik untuk mengatasinya dengan meminum air sebanyak mungkin saat berbuka dan sahur. Jumlah asupan air putih yang disarankan adalah 8 gelas dalam sehari.

Anda juga dapat menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur pada malam hari.

2. Jangan Menjilat Bibir

Sumber Gambar (Freepik @master1305/Lingkarjateng.id)

Menjilat bibir Anda bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Alih-alih dapat melembabkan bibir Anda, yang ada justru bibir Anda semakin kering lantaran air liur merupakan cairan yang mudah kering dan menguap.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Sumber Gambar (Freepik @KamranAydinov/Lingkarjateng.id)

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman bersoda dapat mengeringkan kulit bibir Anda. Selain itu, minuman berenergi dan alkohol pun dapat memberikan efek yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi minuman berkafein saat berbuka dan sahur.

4. Oleskan Pelembab Bibir

Maraknya produk-produk kecantikan tak menutup kemungkinan berbagai merek pelembab bibir beredar di pasaran. Salah satu pelembab bibir yang dapat Anda gunakan adalah mengandung petroleum jelly. Kandungan tersebut mampu memberikan kelembapan pada bibir Anda.

Mengoleskan pelembab bibir
Sumber Gambar (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

Selain itu, menurut American Academy of Dermatology, Anda dapat menggunakan pelembab bibir yang mengandung beeswax, dimethicone, minyak mineral, shea butter, lanolin, hyaluronic acid, vitamin E, ceramide dan petrolatum.

Namun, jika Anda lebih memilih menggunakan lip balm, pastikan yang mengandung SPF minimal 30, zinc oxide dan titanium dioxide. Anda dapat mengoleskan setiap 2 jam sekali.

Lanjut, dikutip dari sehatq, hindarilah produk pelembab bibir yang mengandung parfum, pewarna, mentol, asam salisilat, fenol dan kamper. Sebab bahan-bahan ini dapat mengakibatkan iritasi pada bibir Anda.

5. Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi bibir
Sumber Gambar (Instagram @pomeglow_official/Lingkarjateng.id)

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Oleh karena itu, Anda sebaiknya rajin melakukan eksfoliasi untuk menyingkirkannya. Lakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu setelah berbuka. Anda juga dapat menggunakan madu dicampur dengan gula halus untuk scrubbing menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir Anda. 

Demikianlah 5 tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)