Anda Ingin Tahu Situasi Resesi? Tontonlah 5 Rekomendasi Film Ini

POTRET: Tangkapan layar film Margin Call (Sumber: Youtube Rotten Tomatoes Trailers Official Trailer/Lingkarjateng.id)

POTRET: Tangkapan layar film Margin Call (Sumber: Youtube Rotten Tomatoes Trailers Official Trailer/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengungkapkan bahwa perekonomian global diprediksi akan ambruk atau mengalami resesi tahun 2023. Hal ini diakibatkan oleh krisis ekonomi, pangan hingga energi akibat pandemi Covid-19 dan perang antara Rusia-Ukraina.

Melalui film, Anda dapat belajar untuk memahami peristiwa resesi ekonomi. Dengan penyampaian visual yang mumpuni, Anda dapat dengan mudah menerima informasi dan gambaran yang disajikan melalui tayangan dalam film, terutama cara untuk menghadapi situasi resesi.

Berikut ini Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda, 5 rekomendasi film yang bertema resesi dan krisis ekonomi yang dapat Anda tonton.

1. Margin Call (2011)

Film Margin Call disutradarai oleh J. C. Chandor dengan dibintangi Demi Moore, Paul Bettany, Jeremy Irons dan Kevin Spacey.

Film yang rilis pada 11 Oktober 2011 ini dianggap para kritikus sebagai film yang menarik dan menegangkan. Pasalnya, film ini mengisahkan tentang pemecatan secara tak terhormat sejumlah pegawai di perusahaan.

Secara keseluruhan, film yang terinspirasi dari peristiwa krisis keuangan tahun 2007-2008 silam ini menggambarkan secara gamblang topik finansial hingga resesi.

2. 99 Homes (2015)

Sebuah film drama Amerika Serikat tahun 2014 ini disutradarai oleh Ramin Bahrani dan Amir Naderi. Film ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Michael Shannon dan Laura Dern.

Film yang mengisahkan situasi krisis ekonomi pada tahun 2008 ini berlatar di Florida. Ayah tunggal Dennis Nash (Garfield) dan keluarganya diusir dari rumah mereka oleh pengusaha Rick Carver (Shannon) hingga membuat Nash memilih membantu Carver dalam mengusir orang-orang untuk dari rumah-rumah sebagai balasan untuk rumah keluarganya.

Sang sutradara, Ramin bahrani terlebih dahulu melakukan riset atas fenomena resesi di negaranya. Ia juga telah mempelajari sekitar 500 artikel tentang gejolak dan runtuhnya sektor perumahan untuk kebutuhan riset film.

3. Too Big to Fail (2011)

Dilansir dari Economic Times, film ini diangkat dari buku berjudul sama karya wartawan New York Times Andrew Ross Sorkin, “Too Big to Fail” menyorot para pria dan wanita di Wall Street dan Washington yang tengah mengelola ekonomi AS hingga ambruk pada tahun 2008 akibat kredit properti.

Selain itu, film ini juga mengisahkan tentang perjalanan Menteri Keuangan AS, Henry Paulson yang diperankan oleh William Hurt dikala menghadapi para bankir dan membuat kebijakan agar tetap menjaga keseimbangan ekonomi AS.

Kunci film ini adalah karakter-karakter seperti Warren Buffet yang disebut the Oracle of Omaha yang memanfaatkan pengaruhnya di Wall Street. Tak hanya itu, tokoh penting lainnya yang ditayangkan dalam film ini adalah pialang kekuasaan di Washington Michele Davis (Cynthia Nixon) dan Jim Wilkinson (Topher Grace), mantan CEO Lehman Brothers Dick Fuld (James Woods) dan anggota DPR AS terkemuka Barney frank (Dan Hedaya).

4. Inside Job (2010)

Dikutip dari laman IMDb, Inside Job merupakan film yang mampu memberikan analisis secara komprehensif terkait krisis keuangan global tahun 2008.

Film yang disutradarai Charles Ferguson dan dinarasikan oleh Matt Damon ini dinilai kritikus film sebagai film yang sangat matang dengan materi film kompleks.

Film ini menyabet penghargaan sebagai film fitur Dokumenter Terbaik dalam Academy Award 2010. Secara keseluruhan, film ini dibagi menjadi 5 bagian dan dimulai dari kisah pemeriksaan ketika Islandia mengalami deregulasi pada tahun 2000 dan melakukan privatisasi bagi bank-banknya.

5. The Flaw

Film The Flaw dirilis menggunakan format film dokumenter besutan sutradara asal Inggris, David Sington. Dikutip dari Guardian, The Flaw mengisahkan secara lengkap bagaimana awal mula gelembung perumahan dan properti di AS.

Di film ini, David Sington mewawancarai narasumber yang tepat dan bisa menggambarkan kondisi di tahun 2008 dengan detail, termasuk para ekonom dan pakar keuangan terkemuka seperti Robert Frank, Robert Shiller dan Joseph Stiglitz.

Demikianlah, 5 rekomendasi  film yang bertema resesi dan krisis ekonomi yang dapat memberikan Anda gambaran dari peristiwa tersebut. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version