7 Asupan Karbohidrat untuk Jaga Tekanan Darah

POTRET: Bahan pangan yang mengandung karbohidrat. (Freepik @user6694312/Lingkarjateng.id)

POTRET: Bahan pangan yang mengandung karbohidrat. (Freepik @user6694312/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSebagian besar buah-buahan, biji-bijian dan pilihan karbohidrat baik lainnya merupakan tambahan yang bagus untuk diet ramah tekanan darah.

Ada beberapa pilihan khusus yang menawarkan manfaat unik dan mengandung karbohidrat terbaik untuk ditambahkan sebagai asupan. Berikut 7 bahan pangan yang layak bagi seseorang yang tengah menjaga tekanan darah dan membuatnya lebih baik.

1. Pisang

Dari sekian banyak makanan yang mengandung potasium, pisang merupakan salah satu makanan yang kaya karbohidrat terbaik untuk mendukung tekanan darah yang sehat.

Sejak American Heart Association merekomendasikan bahwa orang dewasa dengan tekanan darah di atas 120/80 perlu meningkatkan asupan kalium, buah pisang merupakan pilihan yang cerdas.

Pisang bisa dinikmati dengan hanya mengupas kulitnya dan memakannya, tapi menambahkan smoothie protein cokelat-pisang bisa menambahkan potasium ekstra.

2. Kacang

Kacang menawarkan beberapa karbohidrat alami bersama dengan protein nabati, vitamin dan mineral, magnesium yang mendukung tekanan darah yang sehat dan serat larut serta serat tidak larut.

Menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, orang yang makan lebih banyak kacang mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka di atas fraksi tekanan darah), terlepas dari apakah mereka memiliki diagnosis hipertensi.

Faktanya, makan rata-rata 1 2/3 porsi harian kacang-kacangan selama periode penelitian 10 minggu rata-rata, secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,25 mm Hg.

3. Yoghurt

Yoghurt telah menjadi makanan populer di kalangan orang-orang yang mendukung kesehatan usus, berkat manfaatnya menjaga keseimbangan mikrobioma. Akan tetapi, yoghurt jauh lebih dari sekadar asupan susu yang dikemas dengan probiotik.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Dairy Journal menunjukkan bahwa di antara sampel kecil orang dengan tekanan darah tinggi, tindakan sederhana mengonsumsi yogurt dapat membantu Anda dalam menurunkan tensi.

Yoghurt susu secara alami mengandung trifecta mineral pendukung tekanan darah yang sehat, kalsium, magnesium dan potasium. Tak hanya itu, probiotik yang ditemukan dalam yoghurt dapat memainkan peran terpisah dalam mengurangi tekanan darah.

4. Kurma

Selain rasanya yang manis seperti karamel, kurma juga bisa membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Di antara serat potasium dan magnesium yang terkandung di dalamnya, sumber karbohidrat ini juga dikenal baik untuk diet jantung sehat.

5. Oat

Biji-bijian utuh seperti oat (Avena sativa) adalah pilihan yang lebih baik di antara keluarga biji-bijian untuk mendukung tekanan darah yang sehat. Tidak seperti biji-bijian olahan yang biasanya hanya mengandung endosperm, oat memiliki keunggulan nutrisi.

Oat mengandung nutrisi yang lebih melimpah dan beragam dengan potensi manfaat kesehatan, termasuk lebih banyak serat, vitamin dan mineral dibandingkan dengan sebagian besar biji-bijian olahan.

Oat mungkin sangat berharga karena mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan. Makanan jenis serat ini telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

6. Blueberry

Menambahkan secangkir blueberry ke dalam diet harian Anda mungkin lebih dari sekadar menawarkan dorongan beraroma tanpa tambahan gula.

Dalam penelitian yang disebutkan Journals of Gerontology, makan sekitar 1 cangkir blueberry liar (blueberry yang sedikit lebih kecil yang biasanya ditemukan beku di toko kelontong) setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik.

Blueberry mengandung serat, vitamin dan mineral, nutrisi yang dapat membantu mendukung jantung seseorang dan kesehatan secara keseluruhan.

Seperti makanan biru atau ungu alami lainnya, blueberry mengandung anthocyanin, polifenol yang memberi warna-warni yang indah pada makanan ini bermanfaat untuk jaga tekanan darah.

7. Jus Jeruk

Menyeruput segelas jus jeruk 100 persen dapat melakukan lebih banyak hal untuk Anda daripada sekadar untuk sistem kekebalan. Buah jeruk mengandung antioksidan yang disebut hesperidin. Antioksidan ini dapat berperan dalam mendukung kesehatan jantung dengan berbagai cara.

Dalam satu uji coba terkontrol secara acak, orang dengan stadium 1 atau pra-hipertensi yang mengonsumsi 500 mililiter jus jeruk setiap hari selama 12 minggu telah secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman bebas hesperidin dengan jumlah kalori dan vitamin yang sama.

Demikianlah 7 bahan pangan untuk menjaga tekanan darah. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version