5 Tips Atasi Migrain Tanpa Obat

ILUSTRASI: Migrain (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Migrain (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Efek migrain dan jenis sakit kepala lainnya dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga berpotensi mengganggu aktivitas Anda sepanjang hari. Namun, sebelum mengambil obat dan penghilang rasa sakit, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan yang bisa membantu mengatasi migrain.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda 5 tips mengatasi migrain tanpa obat.

1. Minum Kopi

Minum kopi ketika Anda mulai merasakan gejala sakit kepala bisa membantu meredakan rasa nyeri. Akan tetapi, Anda harus membatasi konsumsi kopi apabila terlalu banyak dan menyebabkan sakit perut.

ILUSTRASI: Sakit kepala (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

2. Kompres Air Dingin atau Panas

Menempatkan kompres dingin di dahi Anda atau bantal pemanas di leher atau bagian belakang kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain. Anda juga bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain hangat di bagian yang sakit. Kompreslah kepala Anda selama 15 menit dan istirahat selama 15 menit.

3. Singkirkan Kuncir Kuda

Tekanan eksternal pada kulit kepala atau kepala seperti kuncir kuda, topi, ikat kepala bahkan kacamata renang dapat menyebabkan sakit kepala. Satu studi kasus menunjukkan bahwa wanita yang mengendurkan ikatan rambut mereka merasa sakit kepala mereka menghilang.

ILUSTRASI: Migrain (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

4. Hindari Permen Karet

Mengunyah adalah salah satu penyebab sakit kepala yang tidak diketahui. Mengunyah permen karet, makanan yang renyah dan lengket serta menggigit kuku atau pena dapat memicu sakit kepala. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari mengunyah permen karet saat kepala Anda sakit.

5. Hindari Cahaya Terang

Cahaya terang atau berkedip dapat menyebabkan migrain. Cukup tutupi jendela dengan tirai gelap di siang hari, kenakan kacamata hitam di luar ruangan atau gunakan layar antisilau pada komputer untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Demikianlah, 5 tips untuk mengatasi migrain tanpa obat yang dirangkum Lingkarjateng.id. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version