5 Rekomendasi Makanan Khas Viral di Kudus

Menara Kudus, Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kabupaten Kudus. (Dok. Instagram @lukmanmmt/Lingkarjateng.id)

Menara Kudus, Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kabupaten Kudus. (Dok. Instagram @lukmanmmt/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Kabupaten Kudus terletak di jalur pantai timur laut Provinsi Jawa Tengah. Bagi mayoritas, Kudus dikenal sebagai kota penghasil kretek (rokok). Tapi jangan salah, kuliner khas Kota Kudus juga tak kalah enak dengan daerah lain.

Berikut 5 makanan khas viral di Kabupaten Kudus rekomendasi Lingkarjateng.id

Soto Kudus

Sumber Gambar: Instagram @sotokudus_kedaitaman

Soto kudus hampir mirip dengan soto Lamongan, berisi suwiran daging ayam dan taoge.Terkadang, soto kudus juga dihidangkan dengan daging kerbau. Dalam tradisi, soto kudus biasanya dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi. Soto kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi untuk menghormati pemeluk agama Hindu, yang mana sapi dianggap sebagai hewan yang suci.

Lentog Tanjung

Sumber Gambar: Instagram @e_ndro

Makanan khas satu ini tepatnya berasal dari Desa Tanjung Karang, Kudus Selatan. Lentog Tanjung terbuat dari lontong yang dipotong-potong, sayur gori (tewel, red) dan sayur lodeh. Biasanya, disajikan diatas piring beralaskan daun pisang dengan taburan bawang goreng serta telur puyuh bacem sebagai hidangan tambahan. Jika menyukai rasa pedas, bisa menambahkan sambal merah.

Sate Kerbau

Sumber Gambar: Instagram @e_ndro

Orang Kudus menyebutnya sate kebo. Asal mula sate ini, berasal dari zaman Sunan Kudus saaat menyebarakan agama Islam di tanah Kudus, ia menghormati pemeluk agama Hindu dengan tidak mengonsumsi daging sapi.  Sesuai namanya, sate ini terbuat dari daging kerbau. Pengolahanya pun terbilang unik, daging kerbau dipotong-potong dan dicincang halus, ditambahkan gula jawa dan ketumbar, didiamkan sekira 5 jam, dibakar dengan bumbu kecap, serundeng dan kacang.

Garang Asem

Sumber Gambar: Instagram @mamamertua_resto

Masakan ini terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan kuah santan. Memasaknya pun menggunakan daun pisang. Rasanya masam dan pedas.

Pecel Pakis Celo

Sumber Gambar: Instagram @e_ndro

Makanan khas satu ini tepatnya berasal dari Desa Colo, Kudus. Banyaknya tanaman paku-pakuan seperti pakis, warga berinisiatif untuk memanfaatkannya menjadi makanan. Pengolahannya pun terbilang mudah, dengan gula merah dan cabai keriting.          

Itulah 5 rekomendasi makanan khas viral di Kabupaten Kudus. Mana yang menjadi makanan favorit kamu? (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version