5 Objek Wisata Religi di Kudus, Ini Rekomendasinya

5-Objek-Wisata-Religi-di-Kudus,-Ini-Rekomendasinya

WISATA: Masjid Menara Kudus, salah satu objek wisata religi di Kudus. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id Kota Kudus merupakan salah satu kota yang menjadi langganan peziarah. Hal ini karena Kota Kudus terdapat dua makam Wali Songo yaitu Makam Sunan Kudus dan Makam Sunan Muria.

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kretek dan Kota Santri ini sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai wisata religi. Hal ini karena Kota Kudus salah satu kota pusat pembelajaran agama Islam di tanah Jawa.

5 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Demak

Beberapa objek wisata religi di Kudus yang direkomendasikan untuk kamu adalah sebagai berikut.

1. Makam Sunan Kudus

Sumber: Gmaps/Amirul Dhamier

Makam Sunan Kudus berada di kawasan masjid Al-Aqsha Kudus di gang Kauman, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Sunan Kudus merupakan salah satu Wali Songo yang dikenal karena memiliki keilmuan yang mumpuni di bidang agama Islam.

Sunan Kudus juga salah satu Wali Songo yang menyebarkan ajaran agama Islam melalui seni dan budaya, di mana salah satu peninggalan beliau adalah tembang Asmaradahana. Kamu bisa menemukan makam Sunan Kudus tepat di belakang bangunan limas Masjid Menara Kudus.

2. Makam Sunan Muria

Sumber: Daruttauhid

Makam Sunan Muria berada di Bukit Muria yang terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Komplek makam Sunan Muria berada pada ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

Sunan Muria merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Salah satu peninggalan Sunan Kudus di bidang kesenian yaitu tembang macapat Sinom dan Kinanti yang diciptakannya. Selain berziarah, kamu juga bisa berkunjung ke masjid yang didirikan oleh Sunan Muria.

3. Masjid Al-Aqsha Menara Kudus

Sumber: Gmaps/Endra Sulistyo

Salah satu peninggalan dari Sunan Kudus adalah sebuah masjid yang dikenal dengan nama Masjid Menara Kudus. Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Al-Aqsha. Menurut sejarah, Masjid Menara Kudus dibangun pada tahun 956 Hijriah atau 1537 Masehi.

Masjid ini memiliki menara yang menyerupai bangunan candi yang merupakan corak dari agama Hindu. Konon, di bawah Menara Kudus ini terdapat sebuah sumber mata air kehidupan yang tidak pernah kering. Lokasi Masjid Al-Aqsha Menara Kudus berada di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

4. Museum Gusjigang

Sumber: Gmaps/Fahrizal Rizqi Annas

Museum Gusjigang berada di Jalan Sunan Muria nomor 33, Kota Kudus. Di museum tersebut terdapat beberapa spot menarik tentang Kabupaten Kudus. Gusjigang memiliki kepanjangan Gus itu bagus akhlaknya, ji berarti pandai mengaji, dan gang berarti pintar berdagang.

Di ruang pertama terdapat ruang kaligrafi, di ruang itu terdapat banyak karya kaligrafi, dan karya puisi dari tokoh cendekiawan. Ruangan yang tidak kalah menarik adalah ruang Trilogi Ukhuwah. Di sana juga terdapat ruangan galeri Al-Quran yang berukuran raksasa dan asmaul husna.  

5. Makam Syekh Sadzali

Sumber: Gmaps/Adhy Prasetyo

Nama Syekh Sadzali seakan akrab di telinga warga di sekitar lereng Gunung Muria, beliau diyakini sebagai salah satu ulama besar dalam menyebarluaskan agama Islam di sekitar lereng Gunung Muria.

Salah satu karomah Syekh Hasan Sadzali adalah tiga mata air yang mempunyai rasa berbeda. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Air Tiga Rasa Rejenu. Tiga mata air tersebut terletak di dekat makam Syekh Hasan Sadzali di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya di atas Air Terjun Monthel.

Wisata Religi Pati, Syekh Jangkung Ulama Legendaris Murid Sunan Kudus

Itulah beberapa objek wisata religi di Kudus yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Dari kelima objek wisata religi di atas mana yang ingin kamu kunjungi?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version