5 Makanan Sehat untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

5-Makanan-Sehat-untuk-Jaga-Daya-Tahan-Tubuh-di-Musim-Pancaroba

ILUSTRASI: Makanan sehat. (master1305 from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Saat musim pancaroba tiba, kita dihadapkan dengan berbagai kemungkinan penyakit seperti flu, diare, ISPA, dan demam berdarah. Selain istirahat yang cukup dan rutin berolahraga, kita juga harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini ada 5 makanan sehat untuk jaga daya tahan tubuh di musim pancaroba. Yuk simak, dan mulailah untuk mengonsumsi makanan-makanan ini.

5 Minuman Herbal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

1. Biji-bijian

Makanan sehat yang pertama adalah biji-bijian. Selain kaya magnesium, biji-bijian juga kaya akan vitamin E dan antioksidan yang terbukti meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus.

Selain itu, biji-bijian juga tinggi nutrisi dan serat, menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan risiko stroke, dan membuat pencernaan sehat. Namun sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena akan berdamoak pada peningkatan berat badan.

2. Coklat hitam

Makanan sehat yang kedua adalah coklat hitam. Coklat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh sekaligus melindungi dari radikal bebas.

Sementara, radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau saat bersentuhan dengan polutan.

3. Bayam

Makanan sehat yang ketiga adalah bayam. Bayam mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam bayam di antaranya adalah flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E.

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, bayam juga punya banyak manfaat lainnya seperti, memperkuat otot, menjaga tekanan darah, dan membantu mencegah kanker.

4. Yoghurt

Makanan sehat yang keempat adalah Yoghurt. Yoghurt mengandung beragam vitamin seperti vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, dan beberapa mineral seperti magnesium, kalium dan fosfor.

Menurut penelitian yang diterbitkan tahun 2017 di Nutrients, para peserta tanpa masalah diabetes yang makan yoghurt setiap hari, mengalami peningkatan fungsi kekebalan tubuh daripada mereka yang tidak.

Tapi sebaiknya, kita tidak mengonsumsi yoghurt dengan tambahan gula. Akan lebih baik kita pilih rasa tawar yang tentunya tanpa pemanis. Yoghurt juga punya banyak manfaat lain seperti menjaga kekuatan tulang, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengontrol berat badan.

5. Sea Food

Makanan sehat yang kelima adalah sea food. Makanan laut (sea food) ada yang mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak omega-3, dan karotenoid.

Nah, asam lemak omega-3 ini banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan laut seperti salmon, sarden, dan makarel, dan terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Itulah beberapa makanan untuk jaga daya tahan tubuh di musim pancaroba. Tapi perlu diingat, sebaiknya kita tidak makan dalam jumlah yang berlebihan, ya. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version