5 Jenis Sarapan untuk Halau Lemak Perut

ILUSTRASI: Sarapan. (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Sarapan. (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idTimbunan lemak perut atau yang dikenal dengan sebutan lemak visceral dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena letaknya yang dekat dengan organ dalam tubuh.

Dikutip dari The Mayo Clinic, beberapa lemak perut terletak tepat di bawah permukaan lapisan kulit atas. Akan tetapi juga seringkali membungkus organ dalam tubuh. Lemak inilah yang disebut dengan lemak visceral.

Fitur anatomi lemak visceral ini lebih berbahaya daripada hanya sekadar terlihat kurang estetik. Lemak visceral dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, hipertensi, masalah pernapasan hingga meningkatkan kemungkinan kematian dini.

Dilansir dari Eat This Not That, Janet Coleman selaku ahli gizi terdaftar dari Colorado, USA, lemak visceral tergolong sebagai lemak yang sangat sulit untuk dikurangi. Tetapi, perubahan pola makan dan gaya hidup sehat bisa membantu mengecilkan kadarnya, sekaligus meningkatkan kesehatan Anda.

Melalui olahraga dan perubahan pola makan yang meliputi makan lebih banyak serat dan protein serta minum air banyak, dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengecilkan lingkar perut.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sarapan turut membantu dalam menurunkan berat badan secara umum. Namun, jika Anda ingin menghilangkan lemak perut secara khusus, Anda harus makan lebih baik sepanjang hari, tidak hanya saat sarapan.

Untuk membantu memulai hari Anda dengan cara yang sehat, berikut lima jenis bahan pangan untuk sarapan yang terbukti mampu membantu mengecilkan lemak perut.

1. Gandum

Gandum atau oatmeal terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga jenis makanan ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk sarapan super karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kandungan serat gandum yang sangat tinggi, ampuh untuk menstabilkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu mengelola penurunan berat badan.

Salah satu penelitian terkait gandum dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan serat larut secara khusus dapat mengurangi lemak perut bagian bawah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein nabati dan lemak sehat yang sangat baik seperti asam lemak dan omega 3 yang dapat membantu mengatur gula darah dan insulin. Selain itu, kacang-kacangan bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu mengurangi lemak perut.

3. Buah

Buah bisa membantu mengecilkan lemak perut. Hal ini disebabkan karena buah dapat membantu mengekang keinginan seseorang untuk mengonsumsi gula sepanjang hari dan dapat membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama karena kandungan seratnya.

Buah-buahan tertentu seperti stroberi dan blueberry mengandung flavonoid yang telah diketahui membantu dalam menurunkan berat badan. Selain itu, buah-buahan seperti delima, apel hijau, kiwi, jeruk dan pepaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi cenderung memiliki cita rasa asam dan aroma yang khas dan seringkali dihindari banyak orang. Kendati demikian, makanan fermentasi seperti yoghurt, kimchi, kefir, nato (kedelai fermentasi) hingga asinan kubis (sauerkraut), memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi lemak perut bila dikonsumsi saat sarapan.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam omega 3, vitamin D, zat besi, nutrisi tingkat tinggi yang dikaitkan dengan kandungan lemak visceral yang lebih rendah. Mengonsumsi ikan salmon panggang dengan roti gandum untuk sarapan, ditambah buah sebagai pencuci mulut akan menjadi menu sarapan super bagi Anda yang ingin merasa kenyang.

Demikianlah 5 jenis bahan pangan untuk sarapan yang terbukti mampu membantu mengecilkan lemak perut. Mulailah hidup sehat dari apa yang Anda konsumsi pada pagi hari. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version