5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Rencana Liburan

ILUSTRASI: Seseorang Tengah Menyusun rencana liburan akhir tahun. (Freepik rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seseorang Tengah Menyusun rencana liburan akhir tahun. (Freepik rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Momen akhir tahun biasanya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk liburan. Tentu tidak ada salahnya merencanakan liburan ke tempat impian sejak awal, sebab saat peek season kemungkinan besar akan susah mendapatkan tiket ke destinasi wisata populer.

Jika kamu karyawan yang susah mendapatkan cuti tahunan, ada baiknya menyiapkan segala sesuatunya di awal termasuk itinerary alias rencana perjalanan agar liburan tidak berantakan.  

Sangat penting membuat susunan rencana perjalanan liburan untuk mempermudah realisasi rencana kamu. Membuat rencana liburan secara detail sangat bermanfaat dalam mengatur budgeting liburan, lebih hemat waktu dan efisien, serta destinasi wisata impian bisa tercapai.

Dalam membuat itinerary liburan, ada lima hal penting yang harus kamu perhatikan agar perjalanan liburan tidak memangkas waktu dan biaya terlalu banyak. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Destinasi Liburan

Agar liburan terasa puas, kamu harus menentukan terlebih dahulu destinasi wisata dalam rencana liburan. Menentukan tempat berlibur akan terasa lebih mudah jika tahu alasan kamu ingin bepergian. Misalnya jika ingin liburan untuk meredakan penat bisa berlibur ke wisata alam yang bisa membantu menenangkan pikiran. Atau apakah perjalanan liburan kali ini hanya untuk merasakan sensasi di destinasi wisata terkenal. Penentuan destinasi liburan ini sangat krusial karena akan berpengaruh pada kepuasan dan pengalaman kamu.

2. Memilih dan Mengatur Waktu

Hal penting kedua saat menyusun itinerary liburan adalah menentukan waktu, baik itu waktu keberangkatan, durasi perjalanan hingga tanggal reservasi destinasi wisata yang akan dituju. Mengatur waktu dalam rencana perjalanan liburan ini sangat penting karena akan berpengaruh pada anggaran dan lama waktu liburan.

Selain itu jika ingin liburan ke luar negeri juga harus cermat memilih waktu untuk jenis liburan yang kamu inginkan. Misalnya waktu terbaik untuk liburan musim semi di Jepang agar bisa mendapatkan suasana yang diinginkan.

3. Transportasi

Setelah menentukan waktu dan tujuan destinasi wisata, selanjutnya rencana liburan yang tidak kalah penting adalah memilih transportasi saat perjalanan keberangkatan dan kepulangan serta transportasi selama di tujuan wisata. Tentukan jenis transportasi sesuai dengan anggaran keuangan yang kamu sediakan, apakah akan menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, atau ikut rombongan.

Selain transportasi untuk pulang-pergi ke destinasi wisata, kamu juga perlu menentukan transportasi apa yang akan digunakan selama di tempat wisata. Jika menggunakan kendaraan umum mungkin akan memakan banyak waktu, maka solusi agar liburan lebih efisien adalah rental motor atau mobil.

4. Penginapan

Hal penting lain untuk membuat rencana liburan lebih efektif adalah menentukan tempat penginapan. Tentukan tempat penginapan yang sekiranya tidak jauh menuju destinasi wisata yang dituju, mudah akses transportasi, juga yang menyediakan kebutuhan lainnya yang kamu perlukan. Hotel atau villa bosa kamu pilih dengan melihat lokasi strategis, misalnya dekat dengan pusat keramaian.

5. Budgeting

Setelah memperhitungkan waktu, destinasi wisata, transportasi, dan tempat penginapan maka hal yang paling penting agar rencana liburan itu bisa terealisasi adalah menghitung biaya yang diperlukan. Selain menentukan nominal budget yang diperlukan, kamu juga perlu menyediakan anggaran untuk kebutuhan tak terduga baik itu belanja, makan, hingga transportasi tambahan.

Exit mobile version