5 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Bagi Generasi Muda

5 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Bagi Generasi Muda

ILUSTRASI: Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. (raw pixel from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Sudah 77 tahun Indonesia terus berusaha menunjukkan eksistensinya di mata dunia. Kita patut bersyukur karena tak harus angkat senjata untuk menjaga perdamaian seperti masa pejuang dulu.

Tugas kita saat ini adalah melanjutkan perjuangan bangsa pasca merdeka. Jika dahulu para pahlawan melawan penjajah, maka kali ini bentuk perjuangan pun berbeda.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Presiden pertama RI Soekarno bahwa Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

Sepertinya, itu bisa terjadi jika kita lupa perjuangan pahlawan. Terlebih, jika kita tidak lagi mencintai bangsa ini. Untuk itu, ada beberapa cara untuk kita menumbuhkan rasa cinta tanah air. Apa saja?

1. Bangga memakai produk lokal

Salah satu cara menumbuhkan rasa cinta tanah air yaitu bangga memakai produk lokal. Produk lokal atau produk asli Indonesia tidak kalah keren dengan buatan luar negeri, lho. Beberapa produk seperti tas, sepatu, atau baju  bahkan berhasil dipasarkan ke luar negeri.

Jika kita bangga menggunakan produk lokal, sama saja kita telah ikut serta memajukan perekonomian dan lebih menghargai produk buatan negara sendiri.

2. Tidak menyebarkan ujaran kebencian

Cara menumbuhkan asa cinta tanah air yang kedua adalah tidak menyebarkan ujaran kebencian. Kita harus cek dulu sumber berita sebelum posting ke akun sosial media. Dengan meminimalisir berita hoaks dan ujaran kebencian, kita akan lebih nyaman saat berselancar di dunia maya.

Yuk, jadi generasi muda yang cerdas saat menggunakan internet agar tidak hanya hp kamu saja yang pintar, namun juga pemakaiannya.

3. Menjaga persatuan dan kesatuan negeri

Cara menumbuhkan asa cinta tanah air yang ketiga adalah menjaga persatuan dan kesatuan negeri. Sebagai anak muda, kita harus menghargai setiap perbedaan yang ada. Jangan sampai perbedaan membuat kita terpecah belah. Karena perbedaan itulah yang membuat Negara kita istimewa.

4. Mempelajari budaya dan kesenian lokal

Cara menumbuhkan rasa cinta tanah air yang keempat adalah mempelajari budaya dan kesenian lokal. Banyak warisan budaya dan kesenian Indonesia. Tentu saja itu layak untuk dilestarikan dengan cara dipelajari oleh warga lokal. Jadi, jangan sampai budaya dan kesenian lokal punah. Misalnya kita mempelajari tarian tradisional, wayang, lagu kebangsaan, lagu daerah, permainan tradisonal dan lain sebagainya.

5. Napak tilas ke tempat bersejarah

Cara menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kelima adalah napak tilas ke tempat bersejarah. Kita bisa berkunjung ke museum di mana benda-benda yang menjadi saksi kemerdekaan bangsa Indonesia disimpan atau wisata sejarah lainnya.

Itulah cara menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda yang bisa kita coba untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. (Lingkar Network | Shinta – Koran Lingkar)

Exit mobile version