4 Cara Menemukan Kebahagiaan agar Selalu Awet Muda

ILUSTRASI: Tiga orang tengah menikmati kebebasan bersama alam. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Tiga orang tengah menikmati kebebasan bersama alam. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Istilah populer menyebutkan bahwa tua hanya soal hitungan angka usia saja. Padahal apa salahnya menjadi tua, karena merupakan sebuah tahapan hidup yang berlangsung secara alamiah. Di sisi lain, ada juga perkataan yang menyebutkan bahwa bahagia merupakan kunci awet muda.

Menemukan kebahagiaan dapat diusahakan dengan menjadi ahli menikmati. Hidup akan terasa damai jika kita bisa menikmatinya, menerima segala yang tengah terjadi dan piawai berbahagia di segala suasana. Kesemua itu merupakan obat awet muda paling alami.

Menurut psikolog Jovita Ferliana, kebahagiaan berada dalam kontrol seseroang melalui aktivitas yang dipilih. Juga bagaimana seseorang merespons situasi yang dihadapi dalam hidup. Keputusan untuk merasa senang atau sedih berada di tangan masing-masing.

Menemukan kebahagiaan itu bergantung dari cara kita menyikapi sesuatu dan apa yang terjadi dalam kehidupan. Karena kebahagiaan bermula dari diri kita sendiri maka kita harus tahu cara menyenangkan diri. Kamu bisa coba langkah-langkah berikut ini:

Mensyukuri apa yang dimiliki

Tidak ada nikamat yang bisa didustakan jika mampu mensyukuri apa yang kita miliki. Tidak perlu mudah goyah melihat pencapaian orang lain, tidak perlu silau dengan kekayaan yang didapatkan orang lain. Dalam kata lain, kita harus punya batas kepuasan agar tidak selalu merasa kurang. Jangan melihat hal-hal yang tidak bisa diraih, tetapi fokus pada apa yang bisa digapai dan menikmatinya.

Menghargai semua yang sudah tercapai

Tidak ada salahnya menjadi ambisius, kerja keras demi mengejar cita-cita. Tapi jangan sampai ekspektasi tinggi menjatuhkan kebahagiaan kita saat impian tak tercapai. Berterima kasihlah atas usaha yang sudah kamu kerjakan hingga sampai di titik saat ini. Lihatlah proses yang sudah kamu lalui hingga bisa menjadi pelajaran, pengalaman, dan cerita di masa mendatang. Hidup akan lebih bermakna ketika kamu tahu cara menyikapinya.

Menjadi diri sendiri

Media sosial bisa mengubah pandangan kita pada sesorang. Tak sedikit orang memamerkan kebahagiaan di sana, tapi jika kamu berpura-pura menjadi orang lain dan menjadi sosok yang diinginkan oleh lingkungan sosial atau orang lain, ujung-ujungnya kamu akan kewalahan. Berpura-pura menjadi orang lain akan menguras emosi, waktu, hingga materi. Menjadi diri sendiri itu baik untuk menjaga kesehatan mental karena kamu bisa berekspresi tanpa menyembunyikan identitas dan jati diri.

Quality time

Berbagai aktivitas dan kehidupan sosial akan membuat tenaga terkuras secara fisik dan mental. Pada tahap ini kamu memerlukan waktu untuk me-recharge diri misalnya dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi, menyalurkan hobi, atau sekedar istirahat dan menikmati hiburan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan diri sendiri dan dengan caramu sendiri.

Demikian empat cara memulai menemukan kebahagiaan dalam menjalani hidup. Kamu bisa memulainya dari hal-hal yang paling sederhana. Sebab kebahagiaan terkadang tidak perlu mahal-mahal. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version