Arab Saudi Buka Penerbangan Langsung per 1 Desember 2021

B 2 2

ILUSTRASI: Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. (Antara / Lingkarjateng.id)

JAKARTA, Lingkarjateng.id – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mendorong pemerintah untuk mempersiapkan keberangkatan jemaah umrah. Menyusul pihak Kerajaan Arab Saudi mengumumkan membuka penerbangan langsung bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia terhitung sejak 1 Desember 2021.

“Jadikan kebijakan tersebut sebagai momentum memperbaiki kinerja dalam mengirim jemaah umrah dengan memastikan sisi aman, sehat, dan selamat,” ujar HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/11).

Untuk itu, ia mendorong Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan bekerja sama melakukan langkah preventif. Seperti memudahkan didapatkannya booster vaksin untuk meningkatkan imunitas para calon jemaah dan akurasi tes usap di bandara menjelang keberangkatan mereka.

Jelang Maulid Nabi, Menag RI Minta Masyarakat Amalkan Petuah Kiai

HNW juga mendorong adanya koordinasi antara Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan terkait kesiapan maskapai dalam memberangkatkan para jemaah umrah menuju Tanah Suci.

Kesiapan tersebut meliputi penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan para awak dan pesawat yang ditumpangi jemaah umrah terbebas dari virus Covid-19. Selain itu, ia juga berharap tidak ada kenaikan harga tiket pesawat yang akan memberatkan jemaah, apalagi di tengah dampak ekonomi pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini. “Semoga pemerintah menyiapkan aturan yang mempermudah jemaah umrah, harga tiket pesawat juga tak membebani, tapi tetap hati-hati soal Covid-19 apalagi dengan varian Omicron yang baru,” ujar HNW. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)