Tradisi 10 Suro, Ratusan Warga Sumberjatipohon Grobogan Berendam di Kolam Renang Desa

BERENDAM: Tradisi 10 Suro, ratusan warga Desa Sumberjatipon, Kecamatan Grobogan berendam di kolam renang desa pada Minggu, 7 Agustus 2022. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

BERENDAM: Tradisi 10 Suro, ratusan warga Desa Sumberjatipon, Kecamatan Grobogan berendam di kolam renang desa pada Minggu, 7 Agustus 2022. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Ratusan warga Desa Sumberjatipon, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan melakukan ritual dengan berendam di kolam renang pada malam 10 Muharram/Suro. Hal ini dilakukan lantaran sudah menjadi turun temurun warga setempat.

Kepala Desa (Kades) Sumbejatipohon, Nuryanti mengungkapkan bahwa tradisi 10 Suro dengan berendam di kolam air yang mata airnya berasal dari aliran Sungai Sendang ini dipercaya warga untuk menghilangkan penyakit dan membuat awet muda.

Kegiatan berendam di kolam renang itu, lanjut Nuryanti, dilakukan pada Minggu, 7 Agustus 2022 saat tengah malam hingga pukul 24.00 WIB lebih.

“Air yang kita buat kungkum (berendam, red) ditaburi dengan bunga. Kemudian, warga bersama-sama melakukan kungkum di kolam renang. Warga percaya dengan kungkum ini bisa membuat awet muda dan menghilangkan penyakit,” ujar Nuryanti pada Senin, 8 Agustus 2022.

Sebelum kegiatan berendam, lanjut Nuryanti, dilakukan santunan untuk anak yatim piatu dan doa bersama.

“Yang mengikuti kungkum ada ratusan warga dari anak-anak hingga orang dewasa,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui tradisi berendam saat 10 Suro dapat menggeliatkan kembali wisata di Desa Sumberjatipohon yang mana objek wisata tersebut memiliki pemandangan yang memanjakan mata. (Lingkar Network | Muhamad Ansori – Koran Lingkar)

Exit mobile version