Tingkatkan Partisipasi Pengawasan, Saka Adhyasta Pemilu Jepara Resmi Dikukuhkan

Tingkatkan-Partisipasi-Pengawasan,-Saka-Adhyasta-Pemilu-Jepara-Resmi-Dikukuhkan

MELANTIK: Pengurus Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara masa bakti 2022-2025 yang sedang dilantik. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, Hesti Nugroho resmi melantik Sujiantoko sebagai Ketua Majelis Pembina Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara masa bakti 2022-2025 di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Jepara pada Kamis, 8 September 2022.

Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho mengatakan, Saka Adhyasta adalah Satuan Karya Pramuka yang mewadahi anggota pramuka penegak dan pandega yang memiliki minat untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan Pemilu.

Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran dan peran dalam pengawasan dan menjaga marwah pemilu yang bermartabat, serta berintegritas di bawah bimbingan Bawaslu Jepara.

“Selamat dan sukses bagi kakak-kakak yang telah dilantik sebagai Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara masa bakti 2022-2025,” kata Hesti pada Kamis, 8 September 2022.

Hesti menjelaskan, sasaran pembentukan Saka Adhyasta Pemilu adalah memperluas pengawasan Pemilu ke pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas Pemilu, dan menciptakan aktor pengawas Pemilu.

“Dengan pelantikan dan pengukuhan Saka Adhyasta ini, anggota Pramuka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk turut serta dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu, khususnya di Kabupaten Jepara,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, terdapat dua fokus kegiatan Saka Adhyasta Pemilu yakni melakukan peningkatan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan dan meningkatkan keterampilan dalam pengawasan partisipatif dalam kegiatan kepramukaan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko menyatakan, Saka Adhyasta Pemilu merupakan wadah pendidikan demokrasi terutama keterampilan kepemiluan dan teknis kepengawasan yang akan dikembangkan. Dengan hadirnya satuan ini, diharapkan dapat menciptakan pemilu berkualitas dan berintegritas.

“Saka Adhyasta memberikan pemahaman Pemilu dan teknis pengawasan,” ujar Sujiantoko.

Pihaknya juga berharap, dengan dukungan dan bimbingan dari Kwarcab, Saka Pengawasan Pemilu di Jepara ini dapat berkembang di masa mendatang.

“Dengan keterlibatan pramuka dalam penyelenggaraan pemilu ini, semoga pelaksanaan pemilu tahun 2024, khususnya di Jepara dapat berjalan aman, tertib, untuk mewujudkan pemilu berintegritas dan bermartabat,” pungkas Sujiantoko. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version