Target Raih Adipura, DPRD Kudus Ajak Masyarakat Jaga Kondisi Lingkungan

Target Raih Adipura, DPRD Kudus Ajak Masyarakat Jaga Kondisi Lingkungan

MENYAMPAIKAN: Ketua DPRD Kudus, Masan saat menyampaikan keterangan. (Hasyim Asnawi/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kembali menyelenggarakan penghargaan Adipura tahun 2022 bagi kota atau kabupaten di Indonesia dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Kabupaten Kudus yang sebelumnya pernah meraih penghargaan Adipura Kencana tahun ini kembali mempersiapkan diri untuk menyambut penghargaan Adipura tahun 2022.

Penilaian Adipura yang direncanakan pada bulan Agustus hingga September 2022 ini tengah dipersiapkan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus dengan matang. Berbagai persiapan baik secara fisik maupun non fisik tengah disusun.

Ketua DPRD Kudus Masan menyambut baik adanya penghargaan Adipura Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2022. Pihaknya akan mendukung penuh segala persiapan dari PKPLH dan berharap Kabupaten Kudus kembali meraih penghargaan tersebut.

“Terkait penghargaan Adipura, kami men-support penuh. Silakan dipersiapkan semuanya sebagai sesuatu yang diperlukan, semoga bisa dapat Adipura lagi nantinya,” kata Ketua DPRD Kudus ketika ditemui pada Senin, 29 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Kudus juga mengajak masyarakat Kabupaten Kudus untuk berusaha menjaga kebersihan dan kondisi lingkungan. Hal itu, tambahnya, sebagai bentuk ikhtiar dari pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama merawat Kota Kudus menjadi lebih bersih dan sehat.

“Terkait Adipura, saya menyambut baik, ini juga bisa menjadi ikhtiar kita, mari sama-sama mengajak masyarakat untuk kota dan menjaga kondisi lingkungan,” imbuh Ketua DPRD Kudus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil melaporkan persiapan menyambut penyelenggaraan penghargaan Adipura tahun 2022 hampir 100 persen. Menurutnya, hanya tinggal merampungkan beberapa persiapan dan kekurangan yang akan dicicil dalam waktu dekat ini.

PENGECEKAN TPA: Ketua DPRD Kudus Masan bersama dinas terkait saat mengecek TPA Tanjungrejo, Jekulo sembari bersih-bersih lingkungan beberapa waktu lalu. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

“Baik persiapan fisik maupun non fisik masih kita persiapkan semua, karena penilaian ada banyak, 12 kriteria penilaian. Kami juga sudah koordinasi dan mengajak semua OPD di wilayah desa dan kecamatan yang terlibat,” katanya pada Senin, 29 Agustus 2022.

Pihaknya juga optimis bahwa Kabupaten Kudus sudah menargetkan akan meraih penghargaan Adipura yang dalam tiga tahun terakhir tidak diadakan akibat pandemi Covid-19.

Persiapan yang dimaksud, lanjut Halil, meliputi persiapan fisik yang terdiri dari pemantauan titik lokasi di TPA Tanjungrejo, rumah sakit, pasar, pemukiman dan perumahan, bank sampah induk, bank sampah unit di masing-masing desa, terminal, dan sebagainya.

Sementara persiapan non fisik, pihaknya menekankan kepada semua bank sampah unit untuk berkomitmen dalam penanganan sampah, menggerakkan potensi di setiap wilayah untuk giat membersihkan sampah dan lingkungan, serta mengembangkan desa proklim sebagai program unggulan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Adanya sentuhan dari OPD terkait diharapkan dapat menggerakkan potensi di setiap wilayah untuk mengurangi dan menangani pengelolaan sampah. Mudah-mudahan kita bisa menargetkan penghargaan itu,” harapnya.

Pihaknya berharap Kabupaten Kudus dapat meraih penghargaan Adipura tahun 2022. Namun, ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap ikut serta berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara lingkungan.

“Harapannya semoga tetap bisa meraih juara. Namun ini harus diimbangi dengan komitmen bersama dalam menangani kebersihan dan memelihara lingkungan,” tandasnya. (Lingkar Network | Hasyim Asnawi – Koran Lingkar)

Exit mobile version