Siswa SMP di Rembang Berhasil Ciptakan Sirup Obat Kanker

Siswa-SMP-di-Rembang-Berhasil-Ciptakan-Sirup-Obat-Kanker

MENUNJUKKAN: Siti Wahidatun menunjukan Sirup Bunga Telang anti kanker karya siswa SMPN 1 Sulang, Rembang. (R. Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Siswa SMPN 1 Sulang yang tergabung dalam tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) sekolah berhasil menciptakan karya inovatif yaitu sirup obat kanker yang terbuat dari bahan Bunga Telang. Tingginya antioksidan pada bunga telang diklaim mampu untuk mencegah dan mengobati kanker.

Saat ini, sirup obat kanker yang terbuat dari bahan Bunga Telang sudah masuk tahap uji coba di kalangan internal. Produk karya siswa dan guru pembimbing KIR tersebut sudah diproduksi terbatas dan sempat dipamerkan saat kunjungan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, belum lama ini.

Pembina KIR SMPN 1 Sulang, Siti Wahidatun menyampaikan bahwa, ide membuat sirup dari Bunga Telang berawal dari banyaknya tanaman tersebut yang tumbuh di area apotek hidup belakang sekolah.

Belasan Sekolah di Rembang Raih Penghargaan Adiwiyata

Akhirnya tim KIR berdiskusi dan mencari referensi dari Bunga Telang. Dari identifikasi yang dilakukan, didapat pengetahuan bahwa Bunga Telang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan dalam Bunga Telang dapat menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Atas identifikasi tersebut, akhirnya tim KIR melakukan produksi terbatas membuat sirup dari Bunga telang.

“Inovasi ini kami lakukan berawal dari banyaknya Bunga Telang yang tumbuh di kawasan apotek hidup milik sekolah. Akhirnya bunga-bunga tersebut kami kumpulkan dan diproses menjadi sebuah sirup dengan kandungan antioksidan tinggi,” jelas Siti.

Menurut Siti, untuk membuat sirup dari Bunga Telang sangat mudah dan sederhana. Langkah pertama cukup mengambil Bunga Telang segar secukupnya dari tanaman. Selanjutnya, rebus air mendidih dengan volume secukupnya. Setelah mendidih air dicampur dengan gula pasir secukupnya.

SMP Nufo Pamotan Rembang Terapkan Pembelajaran Semi Privat

Setelah air mendidih tercampur dengan gula, selanjutnya Bunga Telang dimasukkan ke dalamnya. Bunga Telang yang digunakan, secukupnya saja menyesuaikan volume rebusan air.

“Campuran air, gula, dan Bunga Telang direbus selama 10 menit. Untuk menambah aroma, ditambahkan daun pandan secukupnya. Setelah 10 menit, rebusan tersebut ditiriskan,” papar Siti.

Ia mengatakan, setelah ditiriskan, rebusan campuran air, gula, dan Bunga Telang tersebut selanjutnya disaring lalu dimasukkan ke dalam botol atau wadah yang aman.

Setelah itu, sirup Bunga Telang bisa langsung dikonsumsi selayaknya sirup lainnya dicampur air dan bisa diminum menggunakan es batu. Sirup itu tergolong cukup menyehatkan karena dalam proses pembuatan sama sekali tidak menggunakan campuran bahan kimia. (Lingkar Network | R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version