Sekolah di Kudus Persiapkan Diri Ikuti OSN SD 2022

sekolah di kudus

RAJIN: Siswa SD 1 Masehi saat belajar untuk persiapan mengikuti OSN SD tahun 2022, baru-baru ini. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Pendaftaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang sekolah dasar (SD) tahun 2022 telah dibuka. Sejumlah sekolah di Kabupaten Kudus pun tengah bersiap-siap mengikuti kompetisi nasional tersebut.

Salah satu sekolah di Kudus yang tengah bersiap mengikuti Olimpiade itu yakni SD Masehi Kudus. Sekolah tersebut saat ini sedang mendampingi para siswanya untuk mempersiapkan diri mengikuti OSN SD 2022.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD 1 Masehi Kudus, Agung menyampaikan, pihak sekolah sudah memilih siswa untuk mengikuti OSN SD 2022. Siswa yang akan mengikuti kompetisi itu telah dipersiapkan sejak dini.

“Sejak kami mendapatkan informasi bahwa OSN tahun ini akan diadakan, kami langsung berkoordinasi untuk menentukan siswa yang akan ikut. Anak-anak yang dinilai mampu mengikuti kompetisi itu lalu kami hubungi,” ungkapnya.

OSN SD tahun 2022 ini sendiri akan digelar secara daring. Mata pelajaran yang akan dilombakan yaitu matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Jelang Penilaian Akreditasi, Sekolah di Kudus Lakukan Sejumlah Persiapan

Syarat peserta yang diperbolehkan mengikuti perlombaan itu yakni kelas empat atau lima. Jadwal pendaftarannya dibuka mulai tanggal 20 April sampai 20 Mei 2022. Sementara pelaksanaan tingkat nasional akan diadakan mulai tanggal 11 sampai 12 Juli 2022.

Agung mengatakan, sekolah sudah memberikan tambahan pelajaran bagi siswa yang akan mengikuti OSN SD 2022. Para siswa diberikan pembinaan dan didampingi oleh guru untuk mempersiapkan kompetisi ini.

“Sekolah menyediakan tambahan pelajaran untuk siswa yang akan mengikuti perlombaan,” kata dia.

Ia menyebut, siswa yang dipilih adalah siswa yang sudah terbiasa mengikuti kompetisi. Apalagi, siswa di SD 1 Masehi sudah aktif mengikuti berbagai macam lomba.

“Kami sudah ada data anak-anak yang biasa mengikuti lomba, jadi tidak perlu seleksi,” ucapnya.

Sekolah di Kudus Optimis Ikuti Seleksi OSN Tingkat SD

Pihak sekolah juga mengaku selalu berkoordinasi dengan orang tua siswa. Menurut Agung, kunci penting untuk mengikuti perlombaan bagi siswa adalah koordinasi antara sekolah dengan orang tua.

Apalagi, lanjutnya, kebanyakan siswa di SD Masehi memiliki banyak aktivitas. Di antaranya seperti mengikuti les tambahan untuk piano atau atau aktivitas non akademik lainnya.

“Oleh karena itu kami selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa. Nanti siswa bisa ikut jam pelajaran tambahan kapan itu kami koordinasikan. Kalau orang tua sudah support, kami harus sama-sama memberikan dukungan yang terbaik,” paparnya.

Sekolah mengaku optimis untuk mengikuti OSN SD tahun 2022 ini. Mengingat, pihak sekolah sudah melakukan persiapan sejak dini.

“Intinya kami selalu mencoba melakukan yang terbaik, termasuk kami sudah jauh-jauh hari memberikan tambahan pelajaran bagi siswa yang ikut perlombaan nanti,” katanya.

Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus diketahui terus mendorong siswa mengikuti sesi latihan. Selain itu, Disdikpora Kudus juga memastikan bahwa siswa memahami teknis seleksi OSN SD tahun ini. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version