Sebuah Truk Terperosok ke Lubang Drainase Alun-Alun Purwodadi Grobogan

TERPEROSOK: Sebuah truk pengangkut rangka panggung terperosok ke lubang drainase Alun-Alun Purwodadi, Grobogan pada Senin, 24 Oktober 2022. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

TERPEROSOK: Sebuah truk pengangkut rangka panggung terperosok ke lubang drainase Alun-Alun Purwodadi, Grobogan pada Senin, 24 Oktober 2022. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Sebuah truk pengangkut kerangka panggung acara Hari Santri Nasional (HSN) terperosok lubang drainase Alun-alun Purwodadi, tepatnya di depan Pendopo Kabupaten Groboga pada Senin, 24 Oktober 2022.

Proses evakuasi berlangsung alot, sebab truk dalam kondisi penuh memuat kerangka panggung. Roda bagian kiri belakang terperosok ke lubang drainase sementara posisi truk menghadap ke selatan.

Tak hanya terporosok, truk bernomor polisi (nopol) K 1390 PE itu hampir terguling, beruntung para crew truk bertindak cepat. Bagian bak kiri truk disangga dengan kayu. Kemudian digunakan kerek manual untuk menahan truk tidak terguling lalu tali dikaitkan pada pohon yang berada di lokasi tersebut.

Menurut keterangan dari petugas parkir di area tersebut yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan truk yang memuat rangka panggung usai acara HSN di Alun-Alun Purwodadi pada Minggu, 23 Oktober 2022 malam itu semula ada tiga. Truk terakhir ini yang terperosok ke lubang drainase.

“Semula ada tiga, yang dua sudah pulang. Itu yang satu tertinggal,” jelasnya.

Dari tiga truk, yang terperosok itu diduga bebannya paling berat sebab memuat bagian kerangka. Sementara dua truk yang lebih awal memuat bagian papan panggung sehingga dinilai lebih ringan. 

“Mungkin karena semula yang lain juga tidak apa-apa, jadi dikira aman,” katanya.

Titik truk terperosok itu tepat di atas tutupan lubang drainase yang sebenarnya sudah agak rusak. Sehingga dengan beban truk yang berat melintas itu, langsung ambrol.

“Beton penutup drainase itu kayak sudah mau patah,” imbuhnya.

Evakuasi truk membutuhkan waktu satu jam. Akibatnya sempat membuat jalan di depan Setda Grobogan sempat tersendat, namun tak sampai mengular panjang. Truk baru bisa diangkat setelah dibantu backhoe (alat berat).

Akhirnya truk berhasil dinaikkan kembali tanpa menurunkan muatannya. Proses evakuasi truk berakhir sekitar jam 12:00 WIB. Sementara penutup drainase yang ambrol langsung diganti dengan penutup drainase di depan Setda Grobogan yang sedang terdapat pekerjaan perbaikan. (Lingkar Network | Muhamad Ansori – Koran Lingkar)

Exit mobile version